ALAT PENIALAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 1(APKG – PKP 1) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA MATA PELAJARAN :
NIM WAKTU (JAM ) :
TEMPAT MENGAJAR : HARI, TANGGAL :
KELAS UPBJJ - UT :
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
1 2 3 4 5
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan tujuan /indikator perbaikan pembelajaran
1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.
1.2 Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran.
Rata- rata butir 1 = A
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar.
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran
2.2 Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik).
2.3 Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran.
2.4 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B
3. Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran /yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik).
3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik).
3.3 Menentukan Alokasi waktu perbaikan pembelajaran.
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa.
3.5 Menyiapkan pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar.
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran.
Rata-rata butir 4 = D
5. Merencanakan Prosedur, Jenis, dan Menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus di lakukan secara berkala,berkesinambungan dan menyeluruh)
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E
6. Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1. Kebersihan dan kerapian
6.2. Penggunaan bahasa Tulis
Rata-rata butir 6 = F
A+B+C+D+E+F
Nilai APKG 1 PKP PGSD = =
6
, April 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Peilai 1 / Penilai 2*,
ALAT PENIALAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2(APKG – PKP 2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA MATA PELAJARAN :
NIM : WAKTU (JAM ) :
TEMPAT MENGAJAR : HARI, TANGGAL
KELAS UPBJJ - UT
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemontrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
5. Nilailah semua aspek kemamppuan guru
1 2 3 4 5
1. Mengelola ruang dan fasilitas belajaran
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata- rata butir 1 = A
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
2.1 Memulai pembelajaran.
2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan,siswa, situasi, dan lingkungan.
2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
2.5 Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal.
2.6 Menggunakan waktu pembelajaran secara efesien.
Rata- rata butir 2 = B
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respos siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,isarat dan gerakan badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertiandan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan nya
4.5 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaaan diri
Rata-rata butir 4 = D
5. Mendemontrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1 Mendemontrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
5.2 Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
5.3 Memberikan latihan ketrampilan berbahasa
5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
5.5 Memupuk kegemaran membaca
Rata-rata butir 5.a = E
b. Matematika
5.1 Menanamkan konsep matematika melalui Metode berfariasi yang sesuai dengan karakteristik materi
5.2 Menguasai simbol – simbol matematika.
5.3 Memberikan latihan matematika dalam kehidupan sehari hari
5.4 Menguasai materi matematika
Rata-rata butir 5.b = E
c. IPA
5.1 Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan
5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran
5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA
5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
5.6 Menampilkan penguasaan IPA
Rata-rata butir 5.c = E
d. IPS
5.1 Menerapkan metode berfariasi dalam pembelajaran IPS
5.2 Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS
5.3 Meningkatkan ketertiban siswa dalam proses pembelajaran IPS
5.4 Ketetapan menggunakan istilah istilah /konsep IPS dalam pembelajaran IPS
5.5 menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari hari
Rata-rata butir 5.d = E
e. PKn
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewargannegaraan.
5.3 Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan kewarganegaraan
5.4 Menunjukkan Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan
5.5 Menerapkan konsep pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari hari.
Rata-rata butir 5.e = E
f. Tematik
5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran tematik secara holistic
5.2 Trampil menggunakan metode dan media pembelajaran
5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan sehari hari
5.4 Meningkatkankan keterlibatan siswa melalui pengamatan langsung
5.5 Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek yang terkait dengan tema
5.6 Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari hari
Rata – rata butir 5.f = E
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses pembelajara
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = G
A+B+C+D+E+F+G
Nilai APKG 2 PKP PGSD = =
7
, April 2015
Mengetahui,
Kepala sekolah
Peilai 1 / Penilai 2*,
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA MATA PELAJARAN :
NIM WAKTU (JAM ) :
TEMPAT MENGAJAR : HARI, TANGGAL :
KELAS UPBJJ - UT :
PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana perbaikan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru/mahasiswa ketika mengajar. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini:
1 2 3 4 5
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan tujuan /indikator perbaikan pembelajaran
1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan masalah yang diperbaiki.
1.2 Merumuskan tujuan khusus/ indikator perbaikan pembelajaran.
Rata- rata butir 1 = A
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi,menentukan tema, media (alat bantu pembelajaran), dan sumber belajar.
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi pembelajaran
2.2 Mengembangkan jaringan tema dan menentukan tema (khusus untuk pembelajaran tematik).
2.3 Menentukan dan mengembangkan alat bantu pembelajaran.
2.4 Memilih sumber belajar
Rata-rata butir 2 = B
3. Merencanakan skenario perbaikan pembelajaran
3.1 Menentukan jenis kegiatan perbaikan pembelajaran /yang sesuai dengan tema (untuk pembelajaran tematik).
3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran/yang sesuai tema (untuk pembelajaran tematik).
3.3 Menentukan Alokasi waktu perbaikan pembelajaran.
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa.
3.5 Menyiapkan pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Merancang pengelolaan kelas perbaikan pembelajaran
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar.
4.2 Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam perbaikan pembelajaran.
Rata-rata butir 4 = D
5. Merencanakan Prosedur, Jenis, dan Menyiapkan alat penilaian perbaikan pembelajaran
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian (khusus untuk pembelajaran tematik prosedur penilaian harus di lakukan secara berkala,berkesinambungan dan menyeluruh)
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-rata butir 5 = E
6. Tampilan dokumen rencana perbaikan pembelajaran
6.1. Kebersihan dan kerapian
6.2. Penggunaan bahasa Tulis
Rata-rata butir 6 = F
A+B+C+D+E+F
Nilai APKG 1 PKP PGSD = =
6
, April 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Peilai 1 / Penilai 2*,
ALAT PENIALAIAN KEMAMPUAN GURU-PKP 2(APKG – PKP 2) PGSD
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
NAMA MAHASISWA MATA PELAJARAN :
NIM : WAKTU (JAM ) :
TEMPAT MENGAJAR : HARI, TANGGAL
KELAS UPBJJ - UT
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2. Pusatkanlah perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian penilaian berikut.
4. Khusus untuk butir 5, yaitu mendemontrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
5. Nilailah semua aspek kemamppuan guru
1 2 3 4 5
1. Mengelola ruang dan fasilitas belajaran
1.1 Menata fasilitas dan sumber belajar
1.2 Melaksanakan tugas rutin kelas
Rata- rata butir 1 = A
2. Melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran
2.1 Memulai pembelajaran.
2.2 Melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan,siswa, situasi, dan lingkungan.
2.3 Menggunakan alat bantu (media) pembelajaran yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi dan lingkungan
2.4 Melaksanakan pembelajaran dalam urutan yang logis
2.5 Melaksanakan perbaikan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal.
2.6 Menggunakan waktu pembelajaran secara efesien.
Rata- rata butir 2 = B
3. Mengelola interaksi kelas
3.1 Memberi petunjuk dan penjelasan yang berkaitan dengan isi pembelajaran
3.2 Menangani pertanyaan dan respos siswa
3.3 Menggunakan ekspresi lisan, tulisan,isarat dan gerakan badan
3.4 Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
3.5 Memantapkan penguasaan materi pembelajaran
Rata-rata butir 3 = C
4. Bersikap terbuka dan luwes serta membantu mengembangkan sikap positif siswa terhadap belajar
4.1 Menunjukkan sikap ramah, luwes, terbuka, penuh pengertiandan sabar kepada siswa
4.2 Menunjukkan kegairahan dalam mengajar
4.3 Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi
4.4 Membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangan nya
4.5 Membantu siswa menumbuhkan kepercayaaan diri
Rata-rata butir 4 = D
5. Mendemontrasikan kemampuan khusus dalam perbaikan pembelajaran mata pelajaran tertentu
a. Bahasa Indonesia
5.1 Mendemontrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia
5.2 Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
5.3 Memberikan latihan ketrampilan berbahasa
5.4 Peka terhadap kesalahan penggunaan istilah teknis
5.5 Memupuk kegemaran membaca
Rata-rata butir 5.a = E
b. Matematika
5.1 Menanamkan konsep matematika melalui Metode berfariasi yang sesuai dengan karakteristik materi
5.2 Menguasai simbol – simbol matematika.
5.3 Memberikan latihan matematika dalam kehidupan sehari hari
5.4 Menguasai materi matematika
Rata-rata butir 5.b = E
c. IPA
5.1 Membimbing siswa membuktikan konsep IPA melalui pengalaman langsung terhadap objek yang dipelajari
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman belajar dengan berbagai kegiatan
5.3 Menggunakan istilah yang tepat pada setiap langkah pembelajaran
5.4 Terampil dalam melakukan percobaan IPA serta tepat dalam memilih alat peraga IPA
5.5 Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari
5.6 Menampilkan penguasaan IPA
Rata-rata butir 5.c = E
d. IPS
5.1 Menerapkan metode berfariasi dalam pembelajaran IPS
5.2 Menggunakan media/alat bantu dalam pembelajaran IPS
5.3 Meningkatkan ketertiban siswa dalam proses pembelajaran IPS
5.4 Ketetapan menggunakan istilah istilah /konsep IPS dalam pembelajaran IPS
5.5 menerapkan konsep IPS terpadu dalam kehidupan sehari hari
Rata-rata butir 5.d = E
e. PKn
5.1 Menggunakan metode dan alat bantu dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
5.2 Meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan kewargannegaraan.
5.3 Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan konsep dalam Pendidikan kewarganegaraan
5.4 Menunjukkan Penguasaan materi Pendidikan Kewarganegaraan
5.5 Menerapkan konsep pendidikan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari hari.
Rata-rata butir 5.e = E
f. Tematik
5.1 Menampilkan penguasaan pembelajaran tematik secara holistic
5.2 Trampil menggunakan metode dan media pembelajaran
5.3 Mahir dalam mengaitkan tema dengan kehidupan sehari hari
5.4 Meningkatkankan keterlibatan siswa melalui pengamatan langsung
5.5 Mengembangkan kemampuan siswa dalam berbagai aspek yang terkait dengan tema
5.6 Menerapkan konsep dalam kehidupan sehari hari
Rata – rata butir 5.f = E
6. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
6.1 Melaksanakan penilaian selama proses pembelajara
6.2 Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran
Rata-rata butir 6 = F
7. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
7.1 Keefektifan proses pembelajaran
7.2 Penggunaan bahasa indonesia lisan
7.3 Peka terhadap kesalahan berbahasa siswa
7.4 Penampilan guru dalam pembelajaran
Rata-rata butir 7 = G
A+B+C+D+E+F+G
Nilai APKG 2 PKP PGSD = =
7
, April 2015
Mengetahui,
Kepala sekolah
Peilai 1 / Penilai 2*,
No comments:
Post a Comment