Thursday, July 23, 2015

rpp siklus 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )           



Mata Pelajaran                                           
:  Pendidikan Kewarga Negaraan
Kelas / Semester
:  V / II
Satuan Pendidikan
:  SD N 024 Setiang
Hari / Tanggal
:  Rabu/22 April 2015
Waktu
:   2x 35 Menit (1 x Pertemuan)
           

                                     
I           STANDAR KOMPETENSI.
 3.Memahami kebebasan berorganisasi

II.        KOMPETENSI DASAR.
 3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi

III.       INDIKATOR
           
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
I.              TUJUAN  PEMBELAJARAN
Pembelajaran
1.      Setelah siswa mampu mendeskripsikan perinsip-perinsip organisasi , siswa mampu menentukan perinsip-perinsip organisasi.
2.       Setelah  melakukan  eksplorasi dengan sikap memilih organisasi dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan sikap memilih organisasi.
3.      Setelah  melakukan  eksplorasi dengan menyebutkan manfaat organisasi dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan  manfaat organisasi.


II.           MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi.
Ciri-ciri organisasi.
Tujuan organisasi.
Anggota organisasi.
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.

III. METODE  PEMBELAJARAN
1.      Metode
:  Penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2.      Pendekatan
: Saintifik [mengamati, menanya, mencoba, menalar dan  mengkomunikasikan]
3.      Model Pembelajaran      

: Discovery Learning (DL) / Pembelajaran Berbasis Penemuan   (Simulasi/pemberian rangsangan, pertanyaan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik  kesimpulan)

IV.        MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media        :
·         Berbagai Gambar – gambar organisasi sekolah dan masyarakat.

2.      Alat :      
·          Papan tulis dan penghapus
·         Pena, pensil, spidol
3.      Sumber belajar      :
·                     Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
·                     Teman.
·                     Manusia dan kebudayaan di Indonesia,oleh Prof dr.koentjaraningrat,2004 penerbit Djambatan,Jakarta
·                     Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah, dst.



VI.        Metode Pembelajaran
♠ Menggunakan Pendekatan Proses
♠ Ceramah
♠ Diskusi Kelompok
♠ Tanya Jawab
♠ Demonstrasi
VII.       Langkah-langkah pembelajaran
a.                  Pendahuluan ( 10 menit)
1.      Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.      Berdoa dan absensi.
3.      Apersepsi, guru bertanya jawab tentang pengalaman siswa membaca. Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingin dicapai dalam pemberlajaran.
b.Kegiatan Inti ( 50 menit)
1.    Guru memajangkan alat peraga di papan tulis
2.    Guru membentuk 7  kelompok belajar
3.    Siswa duduk perkelompoknya masin-masing
4.    Guru membagikan lembar kerja kelompok kepada sswa
5.    Guru memberikan petunjuk cara mengeerjakan lembar kerja kelompok
6.    Setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja kelompok
7.    Salah seorang anggota kelompok mencatat hasil diskusi kelompok
8.    Salah seorang anggota kelompok mempresntasikan hasil diskusi kelompok
9.    Kelompok yang lain menanggapinya
10.                        Guru meluruskan jawaban yang belum benar
11.                        Guru memberikan riwod kepada kelompok yang terbaik
12.                        Memajangkan hasil diskusi kelompok pada kelompoknya masing-masing

c.Kegiatan Akhir (10 menit)
1.      Guru dan peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran sebagai rangkuman
2.      Guru mengakhiri pembelajaran dengan menyampaikan materi yang akan diberikan untuk minggu depan


V.    PENILAIAN A

1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap               :  percaya diri, teliti dan santun.
b.      Penilaian Pengetahuan    : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan   : Unjuk kerja dan Pengamatan (Observasi)

2.      Bentuk Instrumen Penilaian
a)      Penilaian Sikap
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Percaya diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1













2













3













4














b)     Penilaian Pengetahuan
  Penilaian: Penskoran
Instrumen penilaian   : Tes tertulis (isian)
Tes tertulis                 : Skor
Skor maksimal           : 100
       Skor yang diperoleh
Penilaian :     -------------------------- x 100
             Skor maksimal



Konversi Nilai
( Skala 0 – 100 )
Pradikat
Klasifikasi
81  -  100
A
SB ( Sangat Baik )
66  - 80
B
B  ( Baik )
51  -  55
C
C  (Cukup )
0  -  50
D
K  ( Kurang )

Skor yang diperoleh
Skor maksimal  100
Menulis waktu saat mandi dan saat pergi ke sekolah.
Banyak Soal : 2 Soal

Setiang,   22 April  2015
Supervisor 2



WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002


Mahasiswa



MOCH IMAM AZAZI
NIM.822928818

Diketahui oleh :
Kepala Sekolah
SD N 024 Setiang


SUDIRMAN
NIP. 19691110 199404 1 001






Blangko Penilaian  Lembar kerja PKN
Pembelajaran : Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.


no
Nama
Siswa
Pengetahuan
( K 1 )
Ketrampilan kemampuan menjawab pertanyaan ( K 2 )
Kecermatan dan ketelitian
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1
Ahmad  banu












2
Cintia  putri












3
Farel  ardian












4
Fiki  prasetio












5
Giofani  sitepu












6
Heni  pratiwi












7
Indah  lestari












8
Jamal  siregar












9
Susi  putri zega












10
Yulia damayanti























Blangko Penilaian  Lembar kerja PKN
Pembelajaran : Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.


No
Nama
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Ahmad  banu












2
Cintia  putrid












3
Farel  ardian












4
Fiki  prasetio












5
Giofani  sitepu












6
Heni  pratiwi












7
Indah  lestari












8
Jamal  siregar












9
Susi  putri zega












10
Yulia damayanti
































LEMBAR KERJA SISWA


Mata Pelajaran            :  PKN
Kelas                           :  V
Hari/Tanggal               : 
Nama                           : 

1.Apakah tugas ketua kelas? ?
2.apakah tugas bendahara ?






































KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            :  PKN
Kelas                           :  V
Hari/Tanggal               : 
Nama                           : 


1.mengurus organisasi,bertaangung jawab ke luar dan ke dalamnya organisasi,memimpin rapat,menandatangani surat,megadakan hubungan dengan pihak luar,membuat rencana kerja


2. membantu ketua dalam mengurus organisasi,mengurus masalah keuangan organisasi,membuat laporan keuangan,membantu ketua membuat rencana kerja organisasi.





















DAFTAR NILAI  SIKLUS

Mata Pelajaran            : PKN
Kelas / Semester          : V / II
Hari / tanggal              : Rabu , 22 April 2015
Indikator soal              : Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
:

NO
NAMA
L/P
KKM
NILAI
KET
TUNTAS
BELUM TUNTAS
1
Ahmad banu
L
60
90
V

2
Cintia  putri
P

90
V

3
Farel  ardian
L

90
V

4
Fiki  prasetio
L

90
V

5
Giofani  sitepu
L

80
V

6
Heni  pratiwi
P

90
V

7
Indah  lestari
P

100
V

8
Jamal siregar
L

90
V

9
Sus i putri zega
P

90
V

10
Yulia  damayanti
P

90
V

JUMLAH NILAI
900


RATA-RATA
90


PERSENTASE KETUNTASAN
90%









No comments:

Post a Comment