RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan
Kewarga Negaraan
|
Kelas / Semester
|
: V / II
|
Satuan
Pendidikan
|
: SD N 024
Setiang
|
Hari
/ Tanggal
|
: Rabu/22 April 2015
|
Waktu
|
: 2x 35 Menit (1 x Pertemuan)
|
I STANDAR KOMPETENSI.
3.Memahami
kebebasan berorganisasi
II. KOMPETENSI DASAR.
3.1.
Mendekripsik-an
pengertian organisasi
III. INDIKATOR
Memahami
prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan
organisasi.
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pembelajaran
1.
Setelah siswa mampu mendeskripsikan perinsip-perinsip organisasi
,
siswa mampu menentukan perinsip-perinsip
organisasi.
2.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan sikap memilih organisasi dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan sikap
memilih organisasi.
3.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan menyebutkan manfaat organisasi dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan manfaat organisasi.
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi.
Ciri-ciri organisasi.
Tujuan organisasi.
Anggota organisasi.
Memahami
prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan
organisasi.
III. METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode
|
: Penugasan,
ceramah, diskusi, tanya jawab
|
2.
Pendekatan
|
: Saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan]
|
3.
Model Pembelajaran
|
: Discovery Learning (DL) / Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Simulasi/pemberian rangsangan,
pertanyaan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data,
pembuktian, dan menarik kesimpulan)
|
IV.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media :
·
Berbagai
Gambar – gambar organisasi sekolah dan masyarakat.
2.
Alat :
·
Papan tulis dan penghapus
·
Pena, pensil, spidol
3.
Sumber belajar :
·
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
·
Teman.
·
Manusia
dan kebudayaan di Indonesia,oleh Prof dr.koentjaraningrat,2004 penerbit
Djambatan,Jakarta
·
Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah,
dst.
VI. Metode Pembelajaran
♠ Menggunakan Pendekatan
Proses
♠ Ceramah
♠ Diskusi Kelompok
♠ Tanya Jawab
♠ Demonstrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
a.
Pendahuluan
( 10 menit)
1.
Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang
kelas dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.
Berdoa dan absensi.
3.
Apersepsi, guru bertanya jawab tentang
pengalaman siswa membaca. Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara
memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingin dicapai dalam pemberlajaran.
b.Kegiatan Inti ( 50 menit)
1.
Guru memajangkan alat peraga di papan
tulis
2.
Guru membentuk 7 kelompok belajar
3.
Siswa duduk perkelompoknya masin-masing
4.
Guru membagikan lembar kerja kelompok
kepada sswa
5.
Guru memberikan petunjuk cara
mengeerjakan lembar kerja kelompok
6.
Setiap kelompok mendiskusikan lembar
kerja kelompok
7.
Salah seorang anggota kelompok mencatat
hasil diskusi kelompok
8.
Salah seorang anggota kelompok
mempresntasikan hasil diskusi kelompok
9.
Kelompok yang lain menanggapinya
10.
Guru meluruskan jawaban yang belum benar
11.
Guru memberikan riwod kepada kelompok
yang terbaik
12.
Memajangkan hasil diskusi kelompok pada
kelompoknya masing-masing
c.Kegiatan Akhir (10
menit)
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran sebagai rangkuman
2.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
menyampaikan materi yang akan diberikan untuk minggu depan
V. PENILAIAN A
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : percaya diri, teliti
dan santun.
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Unjuk kerja dan Pengamatan (Observasi)
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a) Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
Instrumen penilaian :
Tes tertulis
(isian)
Tes
tertulis : Skor
Skor maksimal
: 100
Skor yang diperoleh
Penilaian : -------------------------- x 100
Skor maksimal
Konversi Nilai
( Skala 0 – 100 )
|
Pradikat
|
Klasifikasi
|
81 -
100
|
A
|
SB ( Sangat Baik )
|
66 - 80
|
B
|
B ( Baik )
|
51 - 55
|
C
|
C (Cukup )
|
0 - 50
|
D
|
K ( Kurang )
|
Skor yang diperoleh
Skor maksimal 100
Menulis waktu saat mandi dan saat
pergi ke sekolah.
Banyak Soal : 2 Soal
Setiang,
22 April 2015
Supervisor 2
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
Mahasiswa
MOCH IMAM
AZAZI
NIM.822928818
|
Diketahui oleh :
Kepala Sekolah
SD N 024 Setiang
SUDIRMAN
NIP. 19691110 199404 1 001
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
no
|
Nama
Siswa
|
Pengetahuan
( K 1 )
|
Ketrampilan
kemampuan menjawab pertanyaan ( K 2 )
|
Kecermatan
dan ketelitian
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ahmad banu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Cintia putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Farel ardian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Indah lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jamal siregar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Susi putri zega
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ahmad banu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Cintia putrid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Farel ardian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Indah lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jamal siregar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Susi putri zega
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
1.Apakah tugas ketua kelas? ?
2.apakah tugas bendahara ?
KUNCI
JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
1.mengurus
organisasi,bertaangung jawab ke luar dan ke dalamnya organisasi,memimpin
rapat,menandatangani surat,megadakan hubungan dengan pihak luar,membuat rencana
kerja
2. membantu ketua dalam mengurus organisasi,mengurus masalah keuangan
organisasi,membuat laporan keuangan,membantu ketua membuat rencana kerja
organisasi.
DAFTAR
NILAI SIKLUS
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
/ Semester : V / II
Hari / tanggal : Rabu , 22 April 2015
Indikator soal : Memahami prinsip-prinsip
mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
:
NO
|
NAMA
|
L/P
|
KKM
|
NILAI
|
KET
|
|
TUNTAS
|
BELUM
TUNTAS
|
|||||
1
|
Ahmad
banu
|
L
|
60
|
90
|
V
|
|
2
|
Cintia putri
|
P
|
|
90
|
V
|
|
3
|
Farel ardian
|
L
|
|
90
|
V
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
L
|
|
90
|
V
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
L
|
|
80
|
V
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
P
|
|
90
|
V
|
|
7
|
Indah lestari
|
P
|
|
100
|
V
|
|
8
|
Jamal
siregar
|
L
|
|
90
|
V
|
|
9
|
Sus i putri zega
|
P
|
|
90
|
V
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
P
|
|
90
|
V
|
|
JUMLAH
NILAI
|
900
|
|
|
|||
RATA-RATA
|
90
|
|
|
|||
PERSENTASE
KETUNTASAN
|
90%
|
|
|
No comments:
Post a Comment