RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD N 024 SETIANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit (1 pertemuan).
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami kebebasan berorganisasi
II. Kompetensi Dasar
3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan
sekolah dan masyarakat.
III.Indikator
Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai
organisasi di sekolah dan masyarakat.
IV. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menyebutkan berbagai macam
organisasi di masyarakat, serta menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib organisasi-organisasi tersebut.
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya , Rasa hormat dan perhatian , Tekun , Tanggung jawab ,
Berani, Integritas , Peduli, Jujur dan
Kewarganegaraan
V. Materi Ajar
Contoh-contoh organisasi di sekolah dan
masyarakat, beserta tujuan, anggota, struktur, tata tertib, dan fungsi
organisasi tersebut bagi individu dan masyarakat.
Organisasi-organisasi di Sekitar Kita
Perhatikanlah lingkungan di sekitar kalian. Kalian pasti akan dengan mudah
menemukan suatu organisasi. Hal itu karena, organisasi memang ada di mana-mana.
Organisasi ada di kota besar maupun desa paling pelosok. Ditambah lagi,
organisasi memang banyak sekali bentuk dan jenisnya. Ada organisasi yang besar,
ada pula organisasi yang kecil. Ada organisasi dengan anggota hanya beberapa
orang, ada juga yang anggotanya jutaan orang. Ada organisasi yang tujuannya
sekadar berkumpul-kumpul. Ada juga organisasi yang ingin mencapai suatu tujuan
tertentu. Kita tentunya tidak akan mempelajari semua jenis organisasi. Sebab,
organisasi banyak sekali jumlahnya. Kita hanya akan membicarakan
organisasi-organisasi di sekolah dan masyarakat.
1.
Organisasi di Sekolah
Kalian telah mengetahui bahwa kelas kalian
juga merupakan sebuah organisasi. Sekolah kalian juga dapat disebut sebagai
organisasi. Di sekolah ada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan
lain-lain. Mereka semua memiliki peran dalam organisasi sekolah. Adapun peran
kalian adalah warga sekolah atau murid. Selain sebagai sebuah organisasi,
sekolah juga terdiri atas
organisasi-organisasi lainnya. Organisasi-organisasi di sekolah antara
lain pramuka, koperasi sekolah, UKS, dan sebagainya.
a.
Pramuka
Kalian tentu juga aktif mengikuti kegiatan
pramuka, bukan? Salah satu organisasi di sekolah yang menyenangkan adalah
pramuka. Selain menyenangkan, pramuka juga banyak manfaatnya. Dengan mengikuti
kegiatan pramuka, kalian akan mendapat banyak kete rampilan hidup. Dengan
mengikuti kegiatan pramuka, kalian akan mempunyai banyak teman. Selain
keterampilan hidup, pramuka juga mengajarkan kalian hidup berorganisasi.
Misalnya, dalam kegiatan pramuka, kalian dibagi menjadi beberapa regu. Ada yang
bernama regu mawar, regu melati, dan sebagainya. Satu orang dari kalian menjadi
ketua, yang lain menjadi anggota. Adanya ketua dan anggota ini merupakan bentuk
organisasi. Tujuannya adalah menyelesaikan tugas yang diberikan kakak pembina
kepada kalian. Agar tugas selesai, kalian perlu bekerja sama. Ingat, bukankah
kerja sama merupakan salah satu ciri organisasi? Namun, kerja sama yang baik
perlu aturan. Nah, di sinilah ketua akan mengatur kerja sama tersebut. Dengan demikian, kalian pun akan dengan mudah menyelesaikan tugas-tugas. Agar lebih mengerti, perhatikan struktur organisasi pramuka berikut.
Struktur Gugus Depan
SD N 024 Setiang
Gugus
Depan 02/255 dan 02/256
![]() |
VI. Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
§ Pendekatan Kontekstual.
§ Pendekatan Cooperative Learning.
§ Diskusi kelas.
§ Tanya jawab.
§ Ceramah.
§ Penugasan.
VII. Langkah-langkah Kegiatan
Langkah kegiatan
|
Pengorganisasian
|
Pengendalian diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
Pertemuan Pertama dan
Kedua
§
Kegiatan
Awal
Apersepsi :
–
Mengajak semua
siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk
mengawali pelajaran.
motivasi
:
–
Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari sejak bangun tidur sampai anak
berangkat ke sekolah.
–
Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang di lingkungan mana siswa hidup
§
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat, secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), dan perhatian ( respect
),
-
Guru bercerita tentang bacaan dalam buku.
-
melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
-
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
-
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya; secara Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan
memiliki nilai Kewarganegaraan ( citizenship )
-
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
*Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat.
*Mengajak siswa menyimak “Saya Tambah Pandai” untuk menambah wawasan.
*Mengajak siswa untuk berdiskusi melalui “Pertanyaan Pemahaman”.
*Menugaskan siswa untuk memberikan laporan hasil pengamatan tentang
materi yang dibahas
*Mengajak siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam buku
kerja/buku paket
*membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
*memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
*memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
*memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif;
*memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
*memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
*memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
*memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
-
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
-
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
-
memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
-
berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
-
membantu menyelesaikan masalah;
-
memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
-
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih
jauh;
-
memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
*bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
*melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
*memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
*merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Kelo
kelompok
Individu
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Kelompok
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
Individu
|
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
10 menit
|
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Tertulis
Observasi
Observasi
Tertulis
Tertulis
Observasi
Observasi
|
Religius
Disiplin
Kreatif
Gemar
membaca
Rasa
ingin tahu
Inovatif
Kemitraan
Kreatif
Inovatif
Kreatif
Gemar
membaca
Peduli
sosial
Tanggung jawab
Disiplin
Gemar
membaca
Tanggung
jawab
Kreatif
Ulet
Kreatif
Peduli
sosial
Menghargai akan prestasi
Komonikatif
Kreatif
Rasa ingin tahu
Kreatif
Tanggung jawab
Peduli sosial
Kreatif
Disiplin
Kreatif
|
VIII. Sumber/Bahan Belajar
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan Narasumber umum.)
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, dst.
§ Teman.
§ Para pengurus dan anggota organisasi yang ada di sekolah dan masyarakat.
§ Lingkungan rumah (keluarga), sekolah, masyarakat, dst.
IX. Penilaian
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan tujuan,
anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan
masyarakat.
|
§ Tugas kelompok.
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian unjuk
kerja.
|
§ Tujuan organisasi
Pramuka adalah ...
§ Jelaskan perbedaan organisasi
dan perkumpulan!
§ Sebutkan organisasi apa saja
yang ada di sekolahmu!
§ Sebutkan organisasi masyarakat yang ada di
sekitar rumahmu!
|
Format
Kriteria Penilaian
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
............, ......................20
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan
Kewarga Negaraan
|
Kelas / Semester
|
: V / II
|
Satuan
Pendidikan
|
: SD N 024
Setiang
|
Hari
/ Tanggal
|
: Rabu/8 April 2015
|
Waktu
|
: 2x 35 Menit (1 x Pertemuan)
|
I STANDAR KOMPETENSI.
3.Memahami
kebebasan berorganisasi
II. KOMPETENSI DASAR.
3.1.
Mendekripsik-an
pengertian organisasi
III. INDIKATOR
1.
Mendeskripsikan
pengertian organisasi.
2.
Menyebutkan
contoh-contoh tujuan organisasi.
3.
Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah siswa mampu mendeskripsikan pengertian organisasi ,
siswa mampu menentukan pengertian
organisasi.
2.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan menyebutkan contoh – contoh tujuan organisasi dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan tujuan
organisasi.
3.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan menyebutkan contoh – contoh anggota organisasi dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan anggota
organisasi.
VI. Metode Pembelajaran
♠ Menggunakan Pendekatan
Proses
♠ Ceramah
♠ Diskusi Kelompok
♠ Tanya Jawab
♠ Demonstrasi
VII. Langkah-langkah pembelajaran
a.
Pendahuluan
( 10 menit)
1.
Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang
kelas dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.
Berdoa dan absensi.
3.
Apersepsi, guru bertanya jawab tentang
pengalaman siswa membaca. Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara
memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingin dicapai dalam pemberlajaran.
b.Kegiatan Inti ( 50 menit)
1.
Guru memajangkan alat peraga di papan
tulis
2.
Guru membentuk 7 kelompok belajar
3.
Siswa duduk perkelompoknya masin-masing
4.
Guru membagikan lembar kerja kelompok
kepada sswa
5.
Guru memberikan petunjuk cara
mengeerjakan lembar kerja kelompok
6.
Setiap kelompok mendiskusikan lembar
kerja kelompok
7.
Salah seorang anggota kelompok mencatat
hasil diskusi kelompok
8.
Salah seorang anggota kelompok
mempresntasikan hasil diskusi kelompok
9.
Kelompok yang lain menanggapinya
10.
Guru meluruskan jawaban yang belum benar
11.
Guru memberikan riwod kepada kelompok
yang terbaik
12.
Memajangkan hasil diskusi kelompok pada
kelompoknya masing-masing
c.Kegiatan Akhir (10
menit)
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran sebagai rangkuman
2.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
menyampaikan materi yang akan diberikan untuk minggu depan
V MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi.
Ciri-ciri organisasi.
Tujuan organisasi.
Anggota organisasi.
VI METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode
|
: Penugasan,
ceramah, diskusi, tanya jawab
|
2.
Pendekatan
|
: Saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan]
|
3.
Model Pembelajaran
|
: Discovery Learning (DL) / Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Simulasi/pemberian rangsangan,
pertanyaan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data,
pembuktian, dan menarik kesimpulan)
|
VII MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media :
·
Gambar
– gambar organisasi umum dan oganisasi sekolah
2.
Alat :
·
Papan tulis dan penghapus
·
Pena, pensil, spidol
3.
Sumber belajar :
·
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
·
Teman.
·
Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah,
dst.
IX PENILAIAN
A
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : percaya diri, teliti
dan santun.
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Unjuk kerja dan Pengamatan (Observasi)
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a) Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
Instrumen penilaian :
Tes tertulis
(isian)
Tes
tertulis : Skor
Skor maksimal
: 100
Skor yang diperoleh
Penilaian : -------------------------- x 100
Skor maksimal
Konversi Nilai
( Skala 0 – 100 )
|
Pradikat
|
Klasifikasi
|
81 -
100
|
A
|
SB ( Sangat Baik )
|
66 - 80
|
B
|
B ( Baik )
|
51 - 55
|
C
|
C (Cukup )
|
0 - 50
|
D
|
K ( Kurang )
|
Skor yang diperoleh
Skor maksimal 100
Menulis waktu saat mandi dan saat
pergi ke sekolah.
Setiang,
8 April 2015
Supervisor 2
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
Mahasiswa
MOCH IMAM
AZAZI
NIM.822928818
|
Diketahui oleh :
Kepala Sekolah
SD N 024 Setiang
SUDIRMAN
NIP. 19691110 199404 1 001
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : Contoh-contoh jenis organisasi dan contoh-contoh anggota
organisasi
no
|
Nama
Siswa
|
Pengetahuan
( K 1 )
|
Ketrampilan
kemampuan menjawab pertanyaan ( K 2 )
|
Kecermatan
dan ketelitian
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ahmad banu
|
||||||||||||
2
|
Cintia putri
|
||||||||||||
3
|
Farel ardian
|
||||||||||||
4
|
Fiki prasetio
|
||||||||||||
5
|
Giofani sitepu
|
||||||||||||
6
|
Heni pratiwi
|
||||||||||||
7
|
Indah lestari
|
||||||||||||
8
|
Jamal siregar
|
||||||||||||
9
|
Susi putri zega
|
||||||||||||
10
|
Yulia damayanti
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : Contoh-contoh jenis organisasi dan contoh-contoh anggota
organisasi
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ahmad banu
|
||||||||||||
2
|
Cintia putrid
|
||||||||||||
3
|
Farel ardian
|
||||||||||||
4
|
Fiki prasetio
|
||||||||||||
5
|
Giofani sitepu
|
||||||||||||
6
|
Heni pratiwi
|
||||||||||||
7
|
Indah lestari
|
||||||||||||
8
|
Jamal siregar
|
||||||||||||
9
|
Susi putri zega
|
||||||||||||
10
|
Yulia damayanti
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
1.Mnyebutkan contoh-contoh
jenis organisasi?
2.Menyebutkan contoh-contoh
anggota organisasi di sekolah?
KUNCI
JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
1.Organisasi
masyarakat,orgnsasi sekolah,dll
2.Di sekolah ada
kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bendahara, dan lain-lain. Mereka semua
memiliki peran dalam organisasi sekolah. Adapun peran kalian adalah warga
sekolah atau murid sekolah juga terdiri atas
organisasi-organisasi lainnya. Organisasi-organisasi di sekolah antara
lain pramuka, koperasi sekolah, UKS, dan sebagainya.
DAFTAR
NILAI SIKLUS
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
/ Semester : V / II
Hari / tanggal : Rabu , 8 April 2015
Indikator soal : Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
Menyebutkan contoh-contoh
anggota organisasi
NO
|
NAMA
|
L/P
|
KKM
|
NILAI
|
KET
|
|
TUNTAS
|
BELUM
TUNTAS
|
|||||
1
|
Ahmad
banu
|
L
|
60
|
80
|
v
|
|
2
|
Cintia putri
|
P
|
70
|
v
|
||
3
|
Farel ardian
|
L
|
60
|
v
|
||
4
|
Fiki prasetio
|
L
|
60
|
v
|
||
5
|
Giofani sitepu
|
L
|
60
|
v
|
||
6
|
Heni pratiwi
|
P
|
70
|
v
|
||
7
|
Indah lestari
|
P
|
80
|
v
|
||
8
|
Jamal
siregar
|
L
|
80
|
v
|
||
9
|
Sus i putri zega
|
P
|
70
|
v
|
||
10
|
Yulia damayanti
|
P
|
70
|
v
|
||
JUMLAH
NILAI
|
700
|
|||||
RATA-RATA
|
70
|
|||||
PERSENTASE
KETUNTASAN
|
70%
|
No comments:
Post a Comment