Thursday, July 23, 2015

lembar pengamatan kinerja guru



LEMBAR PENGAMATAN TERHADAP KINERJA GURU
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : Limat (V)
Hari/Tanggal               : Rabu 08 April 2015
Tema                           : Mendiskripsikan Pengertian organisasi
NO
Aspek yang diobservasi
Kemunculan
Komentar
Ada
Tidak ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran)


Untuk pembelajaran selanjutnya keterampilan membuka pelajaran jangan sampai di tinggalkan.
2
Memberikan tuntunan (ketrampilan bertanya)


Keterampilan memberikan tuntunan untuk bertanya harap di laksanakan.
3
Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)


Dalam proses pembelajaran Guru harus melibatkan siswa sebanyak mungkin.
4
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)



5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)


Guru harus menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa.
6
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan variasi)


Keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran tidak boleh di abaikan.
7
Menggunakan media yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)


Penggunaan media yang tepat akan mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran.
8
Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)



9
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)


Keterampilan membimbing diskusi (keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil tidak boleh diabaikan.
10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)



11
Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan


Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan harap dilaksanakan.
12
Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)


Memberikan balikan pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan.

Setiang,  08 April 2015
Supervisor II


WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002










LEMBAR PENGAMATAN TERHADAP KINERJA GURU

Mata Pelajaran            : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas                           : Lima (V)
Hari/Tanggal               : Rabu,15 April 2015
Tema                           : Mendiskrisikan pengertian organisasi
NO
Aspek yang diobservasi
Kemunculan
Komentar
Ada
Tidak ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran)




2
Memberikan tuntunan (ketrampilan bertanya)




3
Melibatkan siswa sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)


Dalam proses pembelajaran Guru harus melibatkan siswa sebanyak mungkin
4
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)



5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)



6
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan variasi)


Keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran tidak boleh di abaikan.
7
Menggunakan media yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)


Penggunaan media yang tepat akan mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran.
8
Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)



9
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)



10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)



11
Keterampilan mengajar kelompokkecil dan perorangan



12
Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)


Memberikan balikan pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan.

Setiang, 15 April 2015
Supervisor II



WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002



LEMBAR PENGAMATAN TERHADAP KINERJA GURU
                                                                         
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                           : Lima (V)
Hari/Tanggal               : Rabu,22 April 2015
Tema                           : Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.


NO
Aspek yang diobservasi
Kemunculan
Komentar
Ada
Tidak ada
1
Menyediakan pijakan (keterampilan membuka pelajaran)



Untuk pembelajaran selanjutnya keterampilan membuka pelajaran harap lebih di tingkatkan
2
Memberikan tuntunan (ketrampilan bertanya


Keterampilan memberikan tuntunan untuk bertanya harap lebih di tekankan
3
Melibatkan peserta didik sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)



4
Penjelasan konsep oleh guru (keterampilan menjelaskan)



5
Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada peserta didik (keterampilan mengadakan variasi)


Metode yang di gunakan semakin di perhatikan  untuk pembelajaran yang akan datang
6
Memberikan contoh (keterampilan mengadakan variasi)



7

Menggunakan media yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)



Penggunaan media yang tepat akan mempermudah peserta didik untuk memahami materi pelajaran.
8
Memberikan penguatan (keterampilan memberi penguatan)


Memberikan penguatan di akhir pembelajaran harus di tingkatkan.
9
Membimbing diskusi (keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)



10
Melakukan penilaian hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)


Penilaian hasil dan proses perlu di laksanakan di akhir pembelajaran
11
Keterampilan mengajar kelompokkecil dan perorangan



12
Memberikan balikan (keterampilan menutup pelajaran)


Memberikan balikan pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan

Setiang, 22 April 2015
Supervisor II


WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002



No comments:

Post a Comment