LEMBAR PENGAMATAN
TERHADAP KINERJA GURU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : Limat (V)
Hari/Tanggal : Rabu 08 April 2015
Tema : Mendiskripsikan
Pengertian organisasi
NO
|
Aspek yang
diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
||
Ada
|
Tidak
ada
|
||||
1
|
Menyediakan pijakan
(keterampilan membuka pelajaran)
|
|
![]() |
Untuk pembelajaran
selanjutnya keterampilan membuka pelajaran jangan sampai di tinggalkan.
|
|
2
|
Memberikan tuntunan
(ketrampilan bertanya)
|
|
![]() |
Keterampilan
memberikan tuntunan untuk bertanya harap di laksanakan.
|
|
3
|
Melibatkan siswa
sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)
|
|
![]() |
Dalam proses
pembelajaran Guru harus melibatkan siswa sebanyak mungkin.
|
|
4
|
Penjelasan konsep
oleh guru (keterampilan menjelaskan)
|
![]() |
|
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)
|
|
![]() |
Guru harus
menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman langsung kepada
siswa.
|
|
6
|
Memberikan contoh
(keterampilan mengadakan variasi)
|
|
![]() |
Keterampilan
mengadakan variasi dalam pembelajaran tidak boleh di abaikan.
|
|
7
|
Menggunakan media
yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)
|
|
![]() |
Penggunaan media yang
tepat akan mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran.
|
|
8
|
Memberikan penguatan
(keterampilan memberi penguatan)
|
![]() |
|
|
|
9
|
Membimbing diskusi
(keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)
|
|
![]() |
Keterampilan
membimbing diskusi (keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil tidak
boleh diabaikan.
|
|
10
|
Melakukan penilaian
hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)
|
![]() |
|
|
|
11
|
Keterampilan mengajar
kelompok kecil dan perorangan
|
|
![]() |
Keterampilan mengajar
kelompok kecil dan perorangan harap dilaksanakan.
|
|
12
|
Memberikan balikan
(keterampilan menutup pelajaran)
|
|
![]() |
Memberikan balikan
pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan.
|
|
Setiang, 08 April 2015
Supervisor
II
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
|||||
LEMBAR PENGAMATAN
TERHADAP KINERJA GURU
Mata Pelajaran : Pendidikan kewarganegaraan
Kelas : Lima (V)
Hari/Tanggal : Rabu,15 April 2015
Tema : Mendiskrisikan pengertian
organisasi
NO
|
Aspek yang
diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak
ada
|
|||
1
|
Menyediakan pijakan
(keterampilan membuka pelajaran)
|
![]() |
|
|
2
|
Memberikan tuntunan
(ketrampilan bertanya)
|
![]() |
|
|
3
|
Melibatkan siswa
sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)
|
|
![]() |
Dalam proses
pembelajaran Guru harus melibatkan siswa sebanyak mungkin
|
4
|
Penjelasan konsep
oleh guru (keterampilan menjelaskan)
|
![]() |
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada siswa (keterampilan mengadakan variasi)
|
![]() |
|
|
6
|
Memberikan contoh
(keterampilan mengadakan variasi)
|
|
![]() |
Keterampilan
mengadakan variasi dalam pembelajaran tidak boleh di abaikan.
|
7
|
Menggunakan media
yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)
|
|
![]() |
Penggunaan media yang
tepat akan mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran.
|
8
|
Memberikan penguatan
(keterampilan memberi penguatan)
|
![]() |
|
|
9
|
Membimbing diskusi
(keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)
|
![]() |
|
|
10
|
Melakukan penilaian
hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)
|
![]() |
|
|
11
|
Keterampilan mengajar
kelompokkecil dan perorangan
|
![]() |
|
|
12
|
Memberikan balikan
(keterampilan menutup pelajaran)
|
|
![]() |
Memberikan balikan
pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan.
|
Setiang,
15 April 2015
Supervisor
II
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
LEMBAR PENGAMATAN
TERHADAP KINERJA GURU
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : Lima (V)
Hari/Tanggal : Rabu,22 April 2015
Tema :
Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan
memanfaatkan organisasi.
NO
|
Aspek yang
diobservasi
|
Kemunculan
|
Komentar
|
|
Ada
|
Tidak ada
|
|||
1
|
Menyediakan pijakan
(keterampilan membuka pelajaran)
|
![]() |
|
Untuk pembelajaran
selanjutnya keterampilan membuka pelajaran harap lebih di tingkatkan
|
2
|
Memberikan tuntunan
(ketrampilan bertanya
|
![]() |
|
Keterampilan
memberikan tuntunan untuk bertanya harap lebih di tekankan
|
3
|
Melibatkan peserta
didik sebanyak mungkin dalam kegiatan pembelajaran (keterampilan bertanya)
|
![]() |
|
|
4
|
Penjelasan konsep
oleh guru (keterampilan menjelaskan)
|
![]() |
|
|
5
|
Melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan metode yang bervariasi dan memberi pengalaman
langsung kepada peserta didik (keterampilan mengadakan variasi)
|
![]() |
|
Metode yang di
gunakan semakin di perhatikan untuk
pembelajaran yang akan datang
|
6
|
Memberikan contoh
(keterampilan mengadakan variasi)
|
![]() |
|
|
7
|
Menggunakan media
yang tepat (keterampilan mengadakan variasi)
|
![]() |
|
Penggunaan media yang
tepat akan mempermudah peserta didik untuk memahami materi pelajaran.
|
8
|
Memberikan penguatan
(keterampilan memberi penguatan)
|
![]() |
|
Memberikan penguatan
di akhir pembelajaran harus di tingkatkan.
|
9
|
Membimbing diskusi
(keterampilan membimbing kelompok besar dan kecil)
|
![]() |
|
|
10
|
Melakukan penilaian
hasil dan proses belajar (keterampilan menutup pelajaran)
|
![]() |
|
Penilaian hasil dan
proses perlu di laksanakan di akhir pembelajaran
|
11
|
Keterampilan mengajar
kelompokkecil dan perorangan
|
![]() |
|
|
12
|
Memberikan balikan
(keterampilan menutup pelajaran)
|
![]() |
|
Memberikan balikan
pada saat menutup pelajaran harus lebih di perhatikan
|
Setiang,
22 April 2015
Supervisor
II
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
No comments:
Post a Comment