LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL
PERBAIKAN
PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa
|
:
MOCH IMAM AZAZI
|
NIM
|
:
822928818
|
Program Sutudi
|
:
PKN
|
Tampat Mengajar
|
:
SD N 024
Setiang
|
Jumlah Siklus Pembelajaran
|
:
3 Siklus
|
Hari Dan Tanggal Pelaksnaan
|
: Siklus 1 ,Hari Rabu, Tanggal 8 April 2015
|
|
:
Siklus 2,Hari Rabu,Tanggal 15 April 2015
|
|
:
Siklus 3,Hari Kamis,Rabu
22 April 2015
|
Masalah yang merupakan fokus
perbaikan :
1.
Peningkatan
Motivasi belajar peserta didik terhadap
pembelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 024 Setiang.
2.
Metode yang digunakan dalam pembelajaran
pada mata pelajaran PKNdi Kelas V SD Negeri 024 Setiang.
Setiang, 17 Mei 2015
Menyetujui,
Supervisor
1,
Drs.SASTRA
YUDIN
NIP:195309011978031004
|
Mahasiswa
MOCH IMAM
AZAZI
NIM.
822928818
|
LEMBAR
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya
menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Laporan Praktek Pemantapan Kemampuan
Profesional ( PKP ) yang saya susun sebagi syarat untuk memenuhi mata kuliah
PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya
sendiri.
Adapun
bagian- bagian tertentu dalam penulisan Laporan PKP yang saya kutip dari hasil
karya orang lain telah di tuliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan
norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.
Apabila
di kemudian hari di temukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil
karya saya sendiri atau adanya plagiat
dalam bagian- bagian terentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk
pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang –
perundangan yang berlaku.
|
Setiang, 17 Mei 2015
Yang Membuat Pernyataan,
Materai 6.000
MOCH IMAM AZAZI
NIM. 822928818
|
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmaanirrohim,
Dengan mengucapkan Syukur
Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan limpahan rahmat kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan
Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) dalam rangka melengkapi tugas akhir mata
kuliah PKP (PDGK 4501) sebagai salah satu syarat untuk dapat mengikuti ujian
akhir dengan judul: Upaya
Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Make-A Match
Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri 024 Setiang “
Laporan Pemantapan Kemampuan Propesional (PKP) yang
berbentuk laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi belajar peserta didik, membantu guru dalam mengatasi berbagai
masalah pembelajaran serta memiliki
kemampuan propesional yang baik sebagai Guru.
Penyelesaian laporan
ini tidak terlepas dari bimbingan, kritikan dan arahan dari semua pihak,
penulis banyak menemukan
kesulitan karena keterbatasan
ilmu dan kemampuan yang dimiliki penulis. untuk itu penulis
menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1. Bapak
Syafrial,S.Pd selaku Supervisor I sekaligus
pembimbing dalam pembuatan dan
penyusunan Laporan PKP.
2.
Bapak
Drs.Sastra Yuddin sebagai tutor sekaligus supervisor 1
3. Bapak
Sudirman selaku Kepala Sekolah SD N 024 Setiang.
4. Bapak Joni Putra Derita, S.Pd.MM selaku
Kepala Sekolah SD N 01 Sitiung
5. Kepada semua pihak yang telah membantu penulisan
penyelesaian laporan ini.
Selanjutnya
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini jauh dari kesempurnaan.
Oleh karena itu penulis mengharapkan
kritik dan saran dari semua pihak, Semoga
kritik dan saran yang sampai kepada penulis dapat menambah wawasan dan
pengetahuan penulis. Dengan
harapan mudah-mudahan laporan ini bemanfaat bagi penulis sendiri dan pembaca
umumnya.
Setiang, 17 Mei 2015
Penulis
|
DAFTAR
ISI
Halaman
Halaman Judul
Lembar Pengesahan ......................................................................................
Lembar Pernyataan Bebas Plagiat.................................................................
Kata pengantar
............................................................................................
Daftar isi
......................................................................................................
Daftar
Lampiran
...........................................................................................
Abstark
........................................................................................................
|
i
ii
iii
iv
v
vi
|
|
|
|
|
I.
II.
III.
IV.
V.
|
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah ..............................................................
1.
Identifikasi Masalah :
a.
Menjelaskan kondisi pembelajaran
yang terjadi di kelasnya
b.
Menjelaskan pembelajaran yang di
harapkan sesuai dengan pendapat ahli
2.
Analisis Masalah
3.
Alternatif dan prioritas pemecahan
masalah
B. Rumusan Masalah.........................................................................
C. Tujuan Penelitian Perbaikan
Pembelajaran...................................
D. Manfaat
Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................................
KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori
..................................................................................
B. Kerangka Berfikir..........................................................................
C. Hipotetis Tindakan.........................................................................
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A.
Subjek,
tempat dan waktu penelitian, pihak yang membantu ......
B. Desain produser perbaikan
pembelajaran ....................................
C.
Teknik
Analisis Data ....................................................................
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian
Perbaikan Pembelajaran .....................
B. Pembahasan Hasil Penelitian
Perbaikan Pembelajaran.................
SIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
A. Simpulan .......................................................................................
B. Saran Tindak Lanjut......................................................................
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................
Lampiran ..........................................................................................
¨ Surat Kesediaan Supervisor 2
Sebagai Pembimbing PKP
¨ Surat
kesangupan mahasiswa
¨ Perencanaan PTK ( Identifikasi
Masalah, analisis masalah, alternatif pemecahan masalah, rumusan masalah )
¨ Berkas RPP Prasiklus, RPP
Perbaikan Siklus 1, RPP Perbaikan Siklus 2, RPP Perbaikan Siklus 3( bila di
perlukan ) untuk eksak/non eksak/tematik
¨ Lembar Observasi / Pengamatan
Kinerja Guru Terisi
¨ Jurnal Pembimbingan Dengan
Supervisor 2
Hasil Pekerjaaan Siswa Yang Terbaik Dan Terburuk Per
Siklus
|
1
1
2
3
4
4
4
4
5
6
6
17
17
17
17
18
22
24
24
27
32
33
33
34
|
DAFTAR
LAMPIRAN
1. Surat
Kesediaan Supervisor 2 Sebagai Pembimbing PKP
2. Surat pernyataan mahasiswa
3. Perencanaan
PTK ( Identifikasi Masalah, analisis masalah, alternatif pemecahan masalah,
rumusan masalah )
4. Berkas
RPP Prasiklus, RPP Perbaikan Siklus 1, RPP Perbaikan Siklus 2, RPP Perbaikan
Siklus 3( bila di perlukan ) untuk eksak/non eksak/tematik
5. Lembar
Observasi / Pengamatan Kinerja Guru Terisi
6. Jurnal
Pembimbingan Dengan Supervisor 2Hasil Pekerjaaan Siswa Yang Terbaik Dan
Terburuk Per Siklus
ABSTRAK
Rendahnya motivasi belajar peserta didik
disebabkan karena guru dalam menyampaikan materi pelajaran tidak
menggunakan metode yang variatif. sehingga kurang menarik perhatian peserta didik.
Untuk
itu di lakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran
Make a Match dengan penerapan kurikulum
2006 melalui pendekatan Saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan mengkomunikasikan].Kurikulum 2006 untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) menggunakan model pembelajaran KTSP.. Model pembelajaran ini berangkat dari pendekatan kooperatif sebagai
acuan dasar bahan dan kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan cara meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas V SD N 024 Setiang pada mata pelajaran PKN
dengan topik organisasi melalui
penerapan model pembelajaran make-A match.
Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan
pada tanggal 08 April sampai dengan 22
April 2015 di SD N 024 Setiang.
Dari hasil penelitian di temukan bahwa hasil penggunaan
metode make a macth dapat meningkatkan motivasi
belajar peserta didik terhadap pembelajaran pkn
Kelas V SD Negeri 024 Setiang. Hal ini dapat di lihat pada persentase
motivasi belajar peserta didik pra siklus sangat
kurang yaitu hanya sebesar 50%, namun pada siklus I
persentase motivasi belajar peserta didik menunjukkan
peningkatan menjadi 70%, kemudian pada siklus II persentase motivasi
belajar peserta didik meningkat mencapai 80%. kemudian
pada siklus III persentase motivasi belajar peserta
didik meningkat mencapai 90%.
Kata kunci: Motivasi belajar, Model make a match, Saintifik
[mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan],kooperatif.
No comments:
Post a Comment