RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan
Kewarga Negaraan
|
Kelas / Semester
|
: V / II
|
Satuan
Pendidikan
|
: SD N 024
Setiang
|
Hari
/ Tanggal
|
: Rabu/16 April 2015
|
Waktu
|
: 2x 35 Menit (1 x Pertemuan)
|
I STANDAR KOMPETENSI.
3.Memahami
kebebasan berorganisasi
II. KOMPETENSI DASAR.
3.1.
Mendekripsik-an
pengertian organisasi
III. INDIKATOR
1.
Memahami struktur
organisasi.
2.
Menyebutkan manfaat
organisasi.
IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran
1.
Setelah siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri organisasi ,
siswa mampu menentukan ciri-ciri
organisasi.
2.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan menyebutkan struktur organisasi dan diskusi
kelas, siswa mampu menentukan struktur
organisasi.
3.
Setelah
melakukan eksplorasi dengan menyebutkan manfaat organisasi dan diskusi kelas,
siswa mampu menentukan manfaat organisasi.
V.MATERI
PEMBELAJARAN
Pengertian organisasi.
struktur organisasi.
manfaat organisasi.
VI.METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode
|
: Penugasan,
ceramah, diskusi, tanya jawab
|
2.
Pendekatan
|
: Saintifik [mengamati, menanya,
mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan]
|
3.
Model Pembelajaran
|
: Discovery Learning (DL) / Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Simulasi/pemberian rangsangan,
pertanyaan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data,
pembuktian, dan menarik kesimpulan)
|
VII.MEDIA, ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media :
·
Gambar
– gambar struktur organisasi
2.
Alat :
·
Papan tulis dan penghapus
·
Pena, pensil, spidol
3.
Sumber belajar :
·
Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah
Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 60—62.
·
Teman.
·
Lingkungan rumah (keluar-ga), sekolah,
dst.
VIII. Metode Pembelajaran
♠ Menggunakan Pendekatan
Proses
♠ Ceramah
♠ Diskusi Kelompok
♠ Tanya Jawab
♠ Demonstrasi
IX. Langkah-langkah pembelajaran
a.
Pendahuluan
( 10 menit)
1.
Mengecek kesiapan belajar siswa, ruang
kelas dan media yang akan digunakan dalam pembelajaran.
2.
Berdoa dan absensi.
3.
Apersepsi, guru bertanya jawab tentang
pengalaman siswa membaca. Menyampaikan tujuan pembelajaran dengan cara
memberikan ilustrasi singkat aspek yang ingin dicapai dalam pemberlajaran.
b.Kegiatan Inti ( 50 menit)
1.
Guru memajangkan alat peraga di papan
tulis
2.
Guru membentuk kelompok belajar
3.
Siswa duduk perkelompoknya masin-masing
4.
Guru membagikan lembar kerja kelompok
kepada sswa
5.
Guru memberikan petunjuk cara
mengeerjakan lembar kerja kelompok
6.
Setiap kelompok mendiskusikan lembar
kerja kelompok
7.
Salah seorang anggota kelompok mencatat
hasil diskusi kelompok
8.
Salah seorang anggota kelompok
mempresntasikan hasil diskusi kelompok
9.
Kelompok yang lain menanggapinya
10.
Guru meluruskan jawaban yang belum benar
11.
Guru memberikan riwod kepada kelompok
yang terbaik
12.
Memajangkan hasil diskusi kelompok pada
kelompoknya masing-masing
c.Kegiatan Akhir (10
menit)
1.
Guru dan peserta didik menyimpulkan
materi pembelajaran sebagai rangkuman
2.
Guru mengakhiri pembelajaran dengan
menyampaikan materi yang akan diberikan untuk minggu depan
X.PENILAIAN A
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : percaya diri, teliti
dan santun.
b.
Penilaian Pengetahuan :
Tes tertulis
c.
Penilaian Keterampilan :
Unjuk kerja dan Pengamatan (Observasi)
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a) Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya
diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian: Penskoran
Instrumen penilaian :
Tes tertulis
(isian)
Tes
tertulis : Skor
Skor maksimal
: 100
Skor yang diperoleh
Penilaian : -------------------------- x 100
Skor maksimal
Konversi Nilai
( Skala 0 – 100 )
|
Pradikat
|
Klasifikasi
|
81 -
100
|
A
|
SB ( Sangat Baik )
|
66 - 80
|
B
|
B ( Baik )
|
51 - 55
|
C
|
C (Cukup )
|
0 - 50
|
D
|
K ( Kurang )
|
Skor yang diperoleh
Skor maksimal 100
Setiang,
15 April 2015
Supervisor 2
WARTI S.Pd
Nip.190600609198112002
|
Mahasiswa
MOCH IMAM
AZAZI
NIM.822928818
|
Diketahui oleh :
Kepala Sekolah
SD N 024 Setiang
SUDIRMAN
NIP. 19691110 199404 1 001
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : struktur organisasi dan manfaat organisasi
no
|
Nama
Siswa
|
Pengetahuan
( K 1 )
|
Ketrampilan
kemampuan menjawab pertanyaan ( K 2 )
|
Kecermatan
dan ketelitian
|
|||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Ahmad banu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Cintia putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Farel ardian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Indah lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jamal siregar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Susi putri zega
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Blangko
Penilaian Lembar kerja
PKN
Pembelajaran : struktur organisasi dan manfaat organisasi
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ahmad banu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Cintia putrid
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Farel ardian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Indah lestari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jamal siregar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Susi putri zega
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
1.Membuat bagan struktur organisasi di sekolah ?
2.Menyebutkan manfaat
organisasi ?
KUNCI
JAWABAN LEMBAR KERJA SISWA
(PEMBELAJARAN
4)
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
: V
Hari/Tanggal :
Nama :
|

![]() |
![]() |
2. wadah seorang siswa menyampaikan sebuah pikiran untuk membangun sekolah dll
DAFTAR
NILAI SIKLUS
Mata
Pelajaran : PKN
Kelas
/ Semester : V / II
Hari / tanggal : Rabu , 15 April 2015
Indikator soal : Struktur
organisasi.
manfaat organisasi.
NO
|
NAMA
|
L/P
|
KKM
|
NILAI
|
KET
|
|
TUNTAS
|
BELUM
TUNTAS
|
|||||
1
|
Ahmad
banu
|
L
|
60
|
90
|
V
|
|
2
|
Cintia putri
|
P
|
|
80
|
V
|
|
3
|
Farel ardian
|
L
|
|
80
|
V
|
|
4
|
Fiki prasetio
|
L
|
|
70
|
V
|
|
5
|
Giofani sitepu
|
L
|
|
70
|
V
|
|
6
|
Heni pratiwi
|
P
|
|
80
|
V
|
|
7
|
Indah lestari
|
P
|
|
90
|
V
|
|
8
|
Jamal
siregar
|
L
|
|
80
|
V
|
|
9
|
Sus i putri zega
|
P
|
|
80
|
V
|
|
10
|
Yulia damayanti
|
P
|
|
80
|
V
|
|
JUMLAH
NILAI
|
800
|
|
|
|||
RATA-RATA
|
80
|
|
|
|||
PERSENTASE
KETUNTASAN
|
80%
|
|
|
No comments:
Post a Comment