Tuesday, November 26, 2013

Rahasia Cara Membangun Waralaba Dengan Baik



Rahasia Cara Membangun Waralaba Dengan Baik
UNTUK PEMULA
Definisi Waralaba menurut peraturan pemerintah no.42 tahun 2007
Waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap system bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan / atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/ atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.
Konsep Bisnis Waralaba

  • Menyediakan merk dagang
  • Menyediakan tool standart
  • Menyediakan sistem bisnis (SOP)
  • Menyediakan Produk/bahan baku
  • management dan quality control
  • Order Bahan baku selama kontrak
  • membayar franchisee fee
  • membayar  royalti  fee
  • Promo nasional
  • Mengikuti aturan dari pusat.
Ilustrasi pada saat anda merekrut banyak mitra anda, apa yang akan anda hasilkan : Total income dari gerai aktif = Rp 2.000.000,- Bayangkan Jika Anda memiliki jaringan gerai atau mitra aktif 100 buah atau 1000 buah Berapa income anda perbulan? dan dahsyatnya, Tanpa anda harus bekerja seperti saat anda mengelola outlet milik sendiri!!! Sekarang, Saatnya Anda mewaralabakan Usaha Anda, Dan menjadi pengusaha sebenarnya..
Persiapan Cara Membangun Waralaba
Anda sebagai calon Pewaralaba, Apa yang harus anda lakukan pertama kali
·         Menyediakan merk dagang
·         Menyediakan tool standart
·         Menyediakan sistem bisnis (SOP)
·         Menyediakan Produk/bahan baku
·         management dan quality control
Apa Nama Usaha waralaba yang akan anda Jual ?
Nama usaha waralaba sebaiknya dengan sebuah sebutan yang mudah di baca, di mengerti, dan menggunakan LOGO yang praktis dan gampang di ingat. Jika anda sudah memiliki sebuatan nama usaha anda  atau brand produk anda, sebaiknya tampilkan juga LOGO yang praktis. Jika membuat LOGO terlalu banyak memakan waktu, berikan pekerjaan ini ke ahlinya membuat LOGO. Banyak jasa pembuatan LOGO Waralaba, atau silahkan di cari di google.
Produk apa yang akan anda Jual dengan waralaba itu?
Bicara produk berkaitan dengan kesinambungan usaha waralaba anda, karena dengan produk yang repeat order tentunya perusahaan waralaba tiap bulan dapat income dari sini. dan bahkan walau peminat yang akan bergabung di usaha anda sudah tidak ada, maka penjualan produk adalah cara tetap bisa menghasilkan.
Sudah berdiri berapa lama usaha yang akan anda waralabakan?
Nah, ini ada kaitanya dengan peraturan pemerintah ada batas minimal tahun, jika usaha tersebut akan di buat sistem waralaba.
Rekan rekan calon pengusaha waralaba, Saya rasa hal ini ada benarnya dan tidak benarnya.
Benarnya :
Dengan batasan minimal tahun, paling tidak manajemen usaha tersebut sudah tertata. dan Pemerintah dengan ini, pastilah melindungi konsumen bisnis waralaba. Jangan sampai pelanggan bisnis waralaba kecewa dengan sistem yang di tawarkan. karena memang kebiasaan pemilik waralaba selalu mengiming imingi hasil besar.
Saya sarankan jangan pernah mengiming imingi seseorang untuk segera bergabung dengan usaha waralaba anda yang terlalu muluk muluk akan hasil keuntungan yang di dapat. Soal expo expo yang memamerkan produk waralaba, atau istilahnya franchise expo yang sering dilakukan oleh pihak yang menangani, saya sendiri agak kurang setuju. Karena berdasarkan kunjungan saya ke berbagai expo itu, rata rata di penuhi hampir 75% oleh produk waralaba yang baru atau baru muncul. Para pemilik waralaba baru itu berbondong bondong dengan kemampuanya untuk bisa menjual waralaba pada saat pameran, bahkan saya juga melihat ada beberapa gerai dengan membawa alat pembayaran gesek. Mau nya begitu si pengunjung tertarik dengan waralabanya, langsung deal pembayaran di tempat. Padahal menurut pikiran saya bahwa menjual waralaba itu kurang tepat, adalah bagaimana kita mampu merekrut mitra baru, bukan menjual waralaba. Beda dengan expo expo produk pada umumnya, karena keberadaan expo produk memang untuk menjual produk produksinya. Artinya produk itu bisa langsung di konsumsi, baik fungsinya maupun kegunaanya. Tidak ada yang salah dengan cara di atas, tetapi yang harus kita pahami bersama sama adalah, bagaimana kita memahamkan paradigma bisnis waralaba kita kepada franchisee. Agar di kemudian hari permasalahan permasalahan di lapangan bisa diminimalkan dan terus selalu memberi keuntungan antara franchisor dan franchisee. Oleh karena itulah, kenapa waralaba tahu kress tidak pernah muncul sama sekali pada pameran pameran waralaba  selama berjalan 5 tahun ini. Tim manajemen dan tim marketing memahamkan kepada calon franchisee benar benar agar manajemen dan aplikasi bisnis waralaba tahu kress bisa diterima dan bisa dipraktekkan dengan mudah. Walapun konsep bisnis tahu kress adalah modal kecil dan kaki lima, kami menganggab investasi 5 jutaan yang dibayarkan ke pusat itu adalah besar dan urusan tanggungjawab atas keberhasilan mitra saya. Urusan calon franchisee gabung atau tidak itu urusan belakang. Tapi yang terpenting, ya inilah cara pengembangan waralaba tahukress. Walaupun perolehan 1.200 outlet dalam waktu 5 tahun, hal ini memang jauh dengan waralaba waralaba lain dengan kenaikan grafik franchisee dengan pesat dan signifikan.
Tidak benarnya :
Sekarang ini trend perkembangan usaha di indonesia mengalami kenaikan 20 kali lipat dari tahun 2010 (saya katakan begitu), Jika Anda harus menunggu waktu sekian tahun untuk bisa di waralabakan,, hadeh.. mungkin usaha yang sejenis anda mungkin sudah menjamur.. bener gak?. Yang terpenting adalah menurut saya bukan karena lamanya sebuah usaha baru bisa di waralabakan. Yang lebih penting adalah, cara anda mengaplikasikan manajemen yang praktis mudah dan terbukti menghasilkan. Ternyata juga banyak pengusaha pengusaha pemilik waralaba, tidak menghiraukan aturan pemerintah ini, menurut data saya yang saya kumpulkan ada sekitar 1.700 usaha waralaba di indonesia yang muncul tanpa mengingat aturan waralaba dari pemerintah.
Tapi terserah anda, Jika anda menginginkan batasan waktu, itu juga lebih baik.
Sudah memiliki beberapa cabang ?
Ini penting. Pada saat usaha waralaba tahu kress, siap untuk di kembangkan menjadi sistem waralaba, memerlukan cabang outlet sampai 19 unit selama kurang lebih setahun.
Calon mitra yang akan bergabung dengan usaha waralaba anda biasanya mereka mengamati outlet outlet yang sudah aktif berjualan.
Jika anda kesulitan untuk membangun  jaringan waralaba di awal, ada baiknya anda buat sistem BO atau kemitraan, hal ini perlu di lakukan karena anda harus cepat mebranding produk usaha anda. Jangan sampai sekarang anda buat produk dengan 1 unit laris manis, kemudian sebulan lagi sudah ada yang membuat usaha yang meniru usaha anda. Saya katakan ini adalah trend dari ucapan ATM (amati tiru modif)
Berapakah rata rata profit usaha anda ?
Bicara soal profit juga sangat penting, calon mitra hampir 95% tertarik dengan usaha karena melihat profit usaha anda yang cepat balik modal.
Sudahkan memiliki Badan Hukum ?
Sebaiknya Paten dari nama usaha dan LOGO yang anda miliki segera di patenkan.
Apakah membangun sebuah usaha waralaba harus milik sendiri.
Jawabnya adalah TIDAK.
Anda bisa membangun usaha milik orang lain. tentunya negoisasi harus dilakukan agar pihak yang mempunyai usaha tersebut tau tujuannya dan manfaatnya serta profitnya seperti apa. Hal ini banyak yang dilakukan pemilik pemilik waralaba, dalam membangun usaha waralaba ke 2 dan seterusnya. Kenapa anda tidak bergerak soal ini, Ingat Bro,, biasanya di setiap kota atau daerah itu ada jenis usaha baik jasa atau makanan yang unik.. itu pasar anda,, silahkan segera cari.
PERSIAPAN PRODUK
Kriteria Produk Yang Mudah Untuk Di waralabakan
Anda perlu mengkonsepkan produk yang akan anda jual :
  1. Apakah produk anda mudah di distribusikan ?
  2. Apakah Produk anda tidak mudah rusak ?
  3. Apakah produk anda mudah di standartkan ?
  4. Apakah produk anda bisa dilakukan siapa saja ?
  5. Apakah produk anda Unik dan memiliki kelebihan ?
Jika Jawabanya adalah IYA, maka cukup mudah anda membangun sistem waralaba Anda.
Tips memilih Produk untuk di waralabakan :
  • Menggunakan produk bisnis anda sendiri yang sudah berjalan
  • Menggunakan produk orang lain yang sudah terbukti sukses
Menyusun Harga Pokok (HPP)
Harga pokok produksi (HPP) adalah hal yang sangat penting dalam membangun bisnis waralaba Anda. Kesalahan dalam perhitungan ini akan sangat berakibat fatal tentunya.
Menyusun Harga Pokok (HPP) disetiap menu dalam bisnis waralaba berbeda beda biasanya. Anda harus membuatnya satu persatu.
Contoh :
Menu A,
Bahan yang di gunakan untuk produk Menu A
  1. ………………………… nilai :
  2. ………………………… nilai :
  3. ………………………… nilai :
  4. ………………………… nilai :
  5. dst
Harga Jual dan Keuntungan Per produk
Harga Jual Produk  misal 20.000,-
Untuk satu jenis produk membutuhkan elemen dan biaya biaya seperti sebagai contoh :
  1. Hpp produk, Nilai : ……………
  2. Biaya kirim produk yang di gunakan, Nilai :……………
  3. elemen elemen lainya, Nilai :…………….
Maka, anda akan menemukan Margin Produk.
Mengemas Produk
Kemaslah produk anda sehingga mempunyai daya jual lebih dari produk sejenis. Anda bisa membuat beberapa tambahan mengemas produk agar mempunyai daya tarik konsumen dan bernilai lebih.
Cara penyimpanan dan Cara pengiriman
Konsepkan bagaimana cara anda melakukan penyimpanan dan cara pengirimannya produk anda yang akan anda kirim ke luar kota.
lakukan UJI PASAR dan Umpan Balik
Hal ini penting untuk mengetahui apakah produk anda siap untuk dijual secara massal ke jaringan waralaba anda.
Image Produk atau Foto produk
Buatlah foto produk yang menarik dan bagus, untuk dijadikan bahan promosi dan berita waralab yang akan anda pasarkan.
PERSIAPAN BRANDING
Branding adalah penting…..
Bagaimana cara membuat branding agar mudah di ingat oleh semua umur. Walau mereka yang belum bisa membaca, tetapi melihat gambar saja sudah bisa menunjuk bahwa itu adalah produk A
beberapa tips membuat Brand nama usaha waralaba :
  1. Mudah di ingat
  2. Gunakan bahasa yang simple dan tidak terlalu panjang
  3. Gunakanlah bahasa dan logo yang mengandung unsur marketing
  4. Gunakan Bahasa praktis dan aneh tapi tetap elegant
  5. Bisa di konsep memiliki makna dan tujuan
Aplikasi kan logo tersebut, seperti :
  1. Nama bisnis waralaba anda
  2. Tag Line usaha anda
  3. Makna atau arti nama usaha anda
PERSIAPAN ATRIBUT WARALABA
Adalah semua perlengkapan dan desain promosi dari produk waralaba anda
  • LOGO WARALABA
  • BENTUK GEROBAK/GERAI
  • BROSUR PRODUK
  • BROSUR WARALABA
  • BUKU MENU
  • X- Banner Franchise
  • X-Banner Produk
  • Desain Cover SOP
  • Desain Cover MOU
  • Desain Cover Panduan Surve
  • Desain Cover Proposal/Info pack
  • Desain Presentasi
  • KOP Surat
  • Kartu Nama
  • Seragam
PERSIAPAN KONSEP dan SISTEM BISNIS WARALABA
Tips membangun konsep bisnis waralaba.
Sumber sumber income waralaba
  • Franchisee fee
  • Royalty fee
  • Margin produk repeat order
  • Margin Perlengkapan yang di order oleh mitra
Bagaimana sistem bisnis waralaba anda,
  • Apakah juga menjual gerobak/booth/ atau desain gerai
  • Apakah menjual produk bahan baku
  • Apakah menetapkan penjualan sistem yang berbentuk franchisee fee
MENYUSUN PAKET USAHA WARALABA
Menyusun paket pilihan investasi usaha waralaba adalah sebuah perlakuan penawaran kepada calon konsumen bisnis waralaba anda yang bisa di sesuaikan dengan budget invetasi mereka.
Tentukan beberapa tipe jenis pilihan paket usaha yang akan anda tawarkan kepada calon calon bisnis waralaba anda
Buatlah list kebutuhan untuk setiap jenis paket usahanya tentunya dengan biaya yang dibutuhkan.
Kalau menurut saran saya, jangan memberi jenis jenis paket usaha tanpa di list harga per produk atau perlengkapan yang di butuhkan di setiap jenis paket investasi. Hal ini lebih terbuka, dan calon konsumen biasanya tertarik dengan cara ini. Banyak sekali waralaba waralaba di indonesia yang hanya menampilkan harga secara global tanpa memberikan list harga per paket investasi.
Menentukan Besaran Harga franchisee fee atau Kontrak kerjasama
Saya katakan bahwa nilai kontrak kerjasama adalah bersifat BLANK MARKET. Hanya anda sendiri yang bisa menentukan besarnya nilai kontrak tersebut tentunya dengan mempertimbangkan seberapa lama kontrak kerjasamanya.
Tetapi sebenarnya ada dasar cara membuat perhitungan franchisee  fee tersebut, adalah sebagai berikut :
Profit rata rata usaha anda yang sudah berjalan adalah : 3 juta perbulan
Nilai besaran modal perlengkapan usaha anda adalah 10 juta
cara perhitungan besaran franchisee fee adalah :
Profit 3 juta perbulan berarti akan muncul BEP atau balik modal selama kurang lebih 3 – 4 bulan.
Dalam perhitungan bisnis normal bahwa BEP adalah 36 bulan.
Nah, berdasarkan nilai inilah untuk menentukannya, Jadi
36 bulan dikalikan profit 3 juta ketemunya diatasa 100 juta…
Kalau anda menerapkan ini berarti nilai paket investasi anda sebesar 110 juta ke mitra.. pertanyaannya siapa yang mau bergabung dengan usaha waralaba anda.
Kalau Indomaret, alafmart dan gerai gerai waralaba yang besar biasanya menggunakan cara ini untuk menentukan besaran franchisee fee..
Dibawah ini akan jadi patokan menentukan nilai franchisee fee sesuai dengan bentuk dan besaran paket investasi  dan tingkat kesulitan sistem franchisenya sesuai pengamatan saya terhadap waralaba yang berkembang dengan pesat :
Modal Waralaba
Tingkat Konversi perkalian terhadap profit perbulan
< 5 juta
1 -2 bulan
5 – 10 Juta
2 – 4 bulan
11 – 30 Juta
4 – 5 bulan
31 – 60 juta
5 – 8 bulan
61 – 100 Juta
8 – 15 bulan
>100 Juta
15 – 36 bulan


Buatlah Analisa Usaha Bisnis waralaba anda
Setelah anda bisa mengetahui nilai besaran paket perlengkapan dan nilai kontrak kerjasama, maka anda dengan mudah membuat analisa biaya. Buatlah analisa sesuai dengan data otentik anda. Sehingga bisnis anda bisa di logika menghasilkan sesuai, bukan sebuah iming iming. Anda pastinya mempunyai data penjualan setiap hari, pakai itu untuk membuat analisa usaha.
MENYUSUN SOP
Membuat SOP
Adalah dokumen tertulis yang menjelaskan pola alur kerja dalam bentuk skema, struktur, standar tahapan, dan detail operasional yang di waralabakan
  • Yang berfungsi sebagai sarana untuk menduplikasikan usaha dana sebagai sarana kontrol dan kendali opersioanal usaha.
  • SOP akan menjadi bahan rujukan jika di kemudian hari terjadi perselisihan antara pewaralaba dan terwaralaba.
  • Merupakan dokumen berharga, sehingga keberadaan merupakan kekayaan intelektual pemberi waralaba
  • Frachisor atau pewaralaba harus membatasi akses pihak ketiga yang tidak berkepentingan secara langsung terhadap dukomen SOP.
Cara membuat SOP (Standart Operasional Procedure)
Dalam membangun sebuah usaha waralaba, maka SOP adalah cara copi paste sistem dari pewaralaba ke penerima waralaba.
Ada 3 bagian yang harus di pahami :
  1. Operasional  : merupakan kegiatan apa saja yang dilakukan dalam usaha anda
  2. Prosedur : Bagaimana prosedur setipa bagian operasional di atas
  3. Standart : Seberapa standart ukuran atau takaran
SOP intinya adalah menulis apa yang kita lakukan dan menuangkan tulisan tersebut dalam sebuah buku manual
SOP dalam sebuah usaha waralaba
Minimal yang harus di buat antara lain :
  • SOP Produksi
  • SOP Pelayanan
  • SOP Distribusi
  • SOP Administrasi
  • SOP SDM/HRD
  • SOP Pemasaran
  • SOP Suport System.
Tentunya tidak hanya hal diatas yang harus di buat dalam sebuah bisnis waralaba, Anda harus mengetahui SOP mana yang tidak perlu di berikan kepada penerima waralaba, dan SOP yang penting bagi waralaba. Kondisi ini optional tergantung bagaimana sistem teknik pengemasan bentuk waralaba anda sampai di terima oleh penerima waralaba.
MENYUSUN PERJANJIAN WARALABA
Merujuk pada ketentuan perundang undangan di Indonesia, yang menyatakan bahwa waralaba adalah harus dilaksanakan berdasarkan suatu perjanjian tertulis, maka kedudukan kontrak waralaba dalam suatu transaksi waralaba adalah krusial dan fundamental.
Poin Poin penting dalam sebuah perjanjian usaha waralaba :
  • Nama dan alamat para pihak, baik pihak franchisor dan pihak franchisee
  • Jenis Hak kekayaan intelektual yang berupa Nama usaha dan Logo yang sudah di patenkan
  • Hak dan kewajiban oleh para pihak
  • Bantuan, fasilitas, Bimbingan operasional, pelatihan dan pemasaran yang di berikan oleh pemberi waralaba
  • Area teritorial penerima waralaba
  • Jangka waktu perjanjian
  • Pemilikan, Perubahan pemilikan dan hak ahli waris penerima waralaba
  • Penyelesain sengketa
  • Tata cara perpanjangan, pengakiran, dan pemutusan perjanjian
  • dan lain lain sekiranya penting yang harus di tuangkan ke dalam surat perjanjian waralaba
Untuk memperkuat perjanjian, sebaiknya tambahkan materai atau jika ingin lebih profesioanal bisa memakai notaris.
SAATNYA MEREKRUT MITRA WARALABA
“Langkah Pertama, anda hanya perlu menyiapkan bentuk fisik dari semua atribut waralaba anda”
Dalam merekrut mitra waralaba anda, gunakan media promosi, seperti  :
  • Melalui sebuah nilai keunikan dan kesuksesan
  • Melalui sahabat, saudara, dan tentunya keluarga
  • Melalui website dan jejaring sosial
  • Melalui seminar seminar
  • Pameran pameran waralaba
  • Melalui majalah atau tabloid waralaba
Cara membangun waralaba dengan benar, siapkan dari awal untuk mempermudah anda dalam mengembangkan usaha waralaba anda. Selamat, karena kini anda sudah mengetahui Rahasia membuat waralaba.
- See more at: http://www.centerwaralaba.com/cara-membangun-waralaba/#sthash.pLytywNt.dpuf

No comments:

Post a Comment