Rahasia Cara Membangun Waralaba Dengan
Baik
UNTUK
PEMULA
Persiapan Cara Membangun
Waralaba
Definisi
Waralaba menurut peraturan pemerintah no.42 tahun 2007
Waralaba
adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha
terhadap system bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang
dan / atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/ atau
digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.
Konsep Bisnis Waralaba
- Menyediakan merk dagang
- Menyediakan tool standart
- Menyediakan sistem bisnis (SOP)
- Menyediakan Produk/bahan baku
- management dan quality control
- Order Bahan baku selama kontrak
- membayar franchisee fee
- membayar royalti fee
- Promo nasional
- Mengikuti aturan dari pusat.
Ilustrasi
pada saat anda merekrut banyak mitra anda, apa yang akan anda hasilkan : Total
income dari gerai aktif = Rp 2.000.000,- Bayangkan Jika Anda memiliki jaringan
gerai atau mitra aktif 100 buah atau 1000 buah Berapa income anda perbulan? dan
dahsyatnya, Tanpa anda harus bekerja seperti saat anda mengelola outlet milik
sendiri!!! Sekarang, Saatnya Anda mewaralabakan Usaha Anda, Dan menjadi
pengusaha sebenarnya..
Persiapan
Cara Membangun Waralaba
Anda sebagai calon Pewaralaba, Apa yang
harus anda lakukan pertama kali
·
Menyediakan
merk dagang
·
Menyediakan
tool standart
·
Menyediakan
sistem bisnis (SOP)
·
Menyediakan
Produk/bahan baku
·
management
dan quality control
Apa
Nama Usaha waralaba yang akan anda Jual ?
Nama usaha waralaba sebaiknya dengan
sebuah sebutan yang mudah di baca, di mengerti, dan menggunakan LOGO yang
praktis dan gampang di ingat. Jika anda sudah memiliki sebuatan nama usaha
anda atau brand produk anda, sebaiknya tampilkan juga LOGO yang praktis.
Jika membuat LOGO terlalu banyak memakan waktu, berikan pekerjaan ini ke
ahlinya membuat LOGO. Banyak jasa pembuatan LOGO Waralaba, atau silahkan di
cari di google.
Produk
apa yang akan anda Jual dengan waralaba itu?
Bicara produk berkaitan dengan
kesinambungan usaha waralaba anda, karena dengan produk yang repeat order
tentunya perusahaan waralaba tiap bulan dapat income dari sini. dan bahkan
walau peminat yang akan bergabung di usaha anda sudah tidak ada, maka penjualan
produk adalah cara tetap bisa menghasilkan.
Sudah
berdiri berapa lama usaha yang akan anda waralabakan?
Nah, ini ada kaitanya dengan peraturan
pemerintah ada batas minimal tahun, jika usaha tersebut akan di buat sistem
waralaba.
Rekan rekan calon pengusaha waralaba,
Saya rasa hal ini ada benarnya dan tidak benarnya.
Benarnya :
Dengan batasan minimal tahun, paling
tidak manajemen usaha tersebut sudah tertata. dan Pemerintah dengan ini,
pastilah melindungi konsumen bisnis waralaba. Jangan sampai pelanggan bisnis
waralaba kecewa dengan sistem yang di tawarkan. karena memang kebiasaan pemilik
waralaba selalu mengiming imingi hasil besar.
Saya sarankan jangan pernah mengiming
imingi seseorang untuk segera bergabung dengan usaha waralaba anda yang terlalu
muluk muluk akan hasil keuntungan yang di dapat. Soal expo expo yang memamerkan
produk waralaba, atau istilahnya franchise expo yang sering dilakukan oleh
pihak yang menangani, saya sendiri agak kurang setuju. Karena berdasarkan
kunjungan saya ke berbagai expo itu, rata rata di penuhi hampir 75% oleh produk
waralaba yang baru atau baru muncul. Para pemilik waralaba baru itu berbondong
bondong dengan kemampuanya untuk bisa menjual waralaba pada saat pameran,
bahkan saya juga melihat ada beberapa gerai dengan membawa alat pembayaran
gesek. Mau nya begitu si pengunjung tertarik dengan waralabanya, langsung deal
pembayaran di tempat. Padahal menurut pikiran saya bahwa menjual waralaba itu
kurang tepat, adalah bagaimana kita mampu merekrut mitra baru, bukan menjual
waralaba. Beda dengan expo expo produk pada umumnya, karena keberadaan expo
produk memang untuk menjual produk produksinya. Artinya produk itu bisa
langsung di konsumsi, baik fungsinya maupun kegunaanya. Tidak ada yang salah
dengan cara di atas, tetapi yang harus kita pahami bersama sama adalah,
bagaimana kita memahamkan paradigma bisnis waralaba kita kepada franchisee.
Agar di kemudian hari permasalahan permasalahan di lapangan bisa diminimalkan
dan terus selalu memberi keuntungan antara franchisor dan franchisee. Oleh
karena itulah, kenapa waralaba tahu kress tidak pernah muncul sama sekali pada
pameran pameran waralaba selama berjalan 5 tahun ini. Tim manajemen dan
tim marketing memahamkan kepada calon franchisee benar benar agar manajemen dan
aplikasi bisnis waralaba tahu kress bisa diterima dan bisa dipraktekkan dengan
mudah. Walapun konsep bisnis tahu kress adalah modal kecil dan kaki lima, kami
menganggab investasi 5 jutaan yang dibayarkan ke pusat itu adalah besar dan
urusan tanggungjawab atas keberhasilan mitra saya. Urusan calon franchisee
gabung atau tidak itu urusan belakang. Tapi yang terpenting, ya inilah cara
pengembangan waralaba tahukress. Walaupun perolehan 1.200 outlet dalam waktu 5
tahun, hal ini memang jauh dengan waralaba waralaba lain dengan kenaikan grafik
franchisee dengan pesat dan signifikan.
Tidak benarnya :
Sekarang ini trend perkembangan usaha di
indonesia mengalami kenaikan 20 kali lipat dari tahun 2010 (saya katakan
begitu), Jika Anda harus menunggu waktu sekian tahun untuk bisa di
waralabakan,, hadeh.. mungkin usaha yang sejenis anda mungkin sudah menjamur..
bener gak?. Yang terpenting adalah menurut saya bukan karena lamanya sebuah
usaha baru bisa di waralabakan. Yang lebih penting adalah, cara anda
mengaplikasikan manajemen yang praktis mudah dan terbukti menghasilkan.
Ternyata juga banyak pengusaha pengusaha pemilik waralaba, tidak menghiraukan
aturan pemerintah ini, menurut data saya yang saya kumpulkan ada sekitar 1.700
usaha waralaba di indonesia yang muncul tanpa mengingat aturan waralaba dari
pemerintah.
Tapi terserah anda, Jika anda
menginginkan batasan waktu, itu juga lebih baik.
Sudah
memiliki beberapa cabang ?
Ini penting. Pada saat usaha waralaba tahu
kress, siap untuk di kembangkan menjadi sistem waralaba, memerlukan cabang
outlet sampai 19 unit selama kurang lebih setahun.
Calon mitra yang akan bergabung dengan
usaha waralaba anda biasanya mereka mengamati outlet outlet yang sudah aktif
berjualan.
Jika anda kesulitan untuk
membangun jaringan waralaba di awal, ada baiknya anda buat sistem BO atau
kemitraan, hal ini perlu di lakukan karena anda harus cepat mebranding produk
usaha anda. Jangan sampai sekarang anda buat produk dengan 1 unit laris manis,
kemudian sebulan lagi sudah ada yang membuat usaha yang meniru usaha anda. Saya
katakan ini adalah trend dari ucapan ATM (amati tiru modif)
Berapakah
rata rata profit usaha anda ?
Bicara soal profit juga sangat penting,
calon mitra hampir 95% tertarik dengan usaha karena melihat profit usaha anda
yang cepat balik modal.
Sudahkan
memiliki Badan Hukum ?
Sebaiknya Paten dari nama usaha dan LOGO
yang anda miliki segera di patenkan.
Apakah
membangun sebuah usaha waralaba harus milik sendiri.
Jawabnya adalah TIDAK.
Anda bisa membangun usaha milik orang
lain. tentunya negoisasi harus dilakukan agar pihak yang mempunyai usaha
tersebut tau tujuannya dan manfaatnya serta profitnya seperti apa. Hal ini
banyak yang dilakukan pemilik pemilik waralaba, dalam membangun usaha waralaba
ke 2 dan seterusnya. Kenapa anda tidak bergerak soal ini, Ingat Bro,, biasanya
di setiap kota atau daerah itu ada jenis usaha baik jasa atau makanan yang
unik.. itu pasar anda,, silahkan segera cari.
PERSIAPAN
PRODUK
Kriteria
Produk Yang Mudah Untuk Di waralabakan
Anda perlu mengkonsepkan produk yang
akan anda jual :
- Apakah produk anda mudah di distribusikan ?
- Apakah Produk anda tidak mudah rusak ?
- Apakah produk anda mudah di standartkan ?
- Apakah produk anda bisa dilakukan siapa saja ?
- Apakah produk anda Unik dan memiliki kelebihan ?
Jika Jawabanya adalah IYA, maka cukup
mudah anda membangun sistem waralaba Anda.
Tips memilih Produk untuk di waralabakan
:
- Menggunakan produk bisnis anda sendiri yang sudah berjalan
- Menggunakan produk orang lain yang sudah terbukti sukses
Menyusun
Harga Pokok (HPP)
Harga pokok produksi (HPP) adalah hal
yang sangat penting dalam membangun bisnis waralaba Anda. Kesalahan dalam
perhitungan ini akan sangat berakibat fatal tentunya.
Menyusun Harga Pokok (HPP) disetiap menu
dalam bisnis waralaba berbeda beda biasanya. Anda harus membuatnya satu
persatu.
Contoh :
Menu A,
Bahan yang di gunakan untuk produk Menu
A
- ………………………… nilai :
- ………………………… nilai :
- ………………………… nilai :
- ………………………… nilai :
- dst
Harga
Jual dan Keuntungan Per produk
Harga Jual Produk misal 20.000,-
Untuk satu jenis produk membutuhkan
elemen dan biaya biaya seperti sebagai contoh :
- Hpp produk, Nilai : ……………
- Biaya kirim produk yang di gunakan, Nilai :……………
- elemen elemen lainya, Nilai :…………….
Maka, anda akan menemukan Margin Produk.
Mengemas
Produk
Kemaslah produk anda sehingga mempunyai
daya jual lebih dari produk sejenis. Anda bisa membuat beberapa tambahan
mengemas produk agar mempunyai daya tarik konsumen dan bernilai lebih.
Cara
penyimpanan dan Cara pengiriman
Konsepkan bagaimana cara anda melakukan
penyimpanan dan cara pengirimannya produk anda yang akan anda kirim ke luar
kota.
lakukan
UJI PASAR dan Umpan Balik
Hal ini penting untuk mengetahui apakah
produk anda siap untuk dijual secara massal ke jaringan waralaba anda.
Image
Produk atau Foto produk
Buatlah foto produk yang menarik dan
bagus, untuk dijadikan bahan promosi dan berita waralab yang akan anda
pasarkan.
PERSIAPAN
BRANDING
Branding adalah penting…..
Bagaimana cara membuat branding agar
mudah di ingat oleh semua umur. Walau mereka yang belum bisa membaca, tetapi
melihat gambar saja sudah bisa menunjuk bahwa itu adalah produk A
beberapa tips membuat Brand nama usaha
waralaba :
- Mudah di ingat
- Gunakan bahasa yang simple dan tidak terlalu panjang
- Gunakanlah bahasa dan logo yang mengandung unsur marketing
- Gunakan Bahasa praktis dan aneh tapi tetap elegant
- Bisa di konsep memiliki makna dan tujuan
Aplikasi kan logo tersebut, seperti :
- Nama bisnis waralaba anda
- Tag Line usaha anda
- Makna atau arti nama usaha anda
PERSIAPAN
ATRIBUT WARALABA
Adalah semua perlengkapan dan desain
promosi dari produk waralaba anda
- LOGO WARALABA
- BENTUK GEROBAK/GERAI
- BROSUR PRODUK
- BROSUR WARALABA
- BUKU MENU
- X- Banner Franchise
- X-Banner Produk
- Desain Cover SOP
- Desain Cover MOU
- Desain Cover Panduan Surve
- Desain Cover Proposal/Info pack
- Desain Presentasi
- KOP Surat
- Kartu Nama
- Seragam
PERSIAPAN
KONSEP dan SISTEM BISNIS WARALABA
Tips membangun konsep bisnis waralaba.
Sumber sumber income waralaba
- Franchisee fee
- Royalty fee
- Margin produk repeat order
- Margin Perlengkapan yang di order oleh mitra
Bagaimana sistem bisnis waralaba anda,
- Apakah juga menjual gerobak/booth/ atau desain gerai
- Apakah menjual produk bahan baku
- Apakah menetapkan penjualan sistem yang berbentuk franchisee fee
MENYUSUN
PAKET USAHA WARALABA
Menyusun paket pilihan investasi usaha
waralaba adalah sebuah perlakuan penawaran kepada calon konsumen bisnis
waralaba anda yang bisa di sesuaikan dengan budget invetasi mereka.
Tentukan beberapa tipe jenis pilihan
paket usaha yang akan anda tawarkan kepada calon calon bisnis waralaba anda
Buatlah list kebutuhan untuk setiap
jenis paket usahanya tentunya dengan biaya yang dibutuhkan.
Kalau menurut saran saya, jangan memberi
jenis jenis paket usaha tanpa di list harga per produk atau perlengkapan yang
di butuhkan di setiap jenis paket investasi. Hal ini lebih terbuka, dan calon
konsumen biasanya tertarik dengan cara ini. Banyak sekali waralaba waralaba di
indonesia yang hanya menampilkan harga secara global tanpa memberikan list
harga per paket investasi.
Menentukan
Besaran Harga franchisee fee atau Kontrak kerjasama
Saya katakan bahwa nilai kontrak
kerjasama adalah bersifat BLANK MARKET. Hanya anda sendiri yang bisa menentukan
besarnya nilai kontrak tersebut tentunya dengan mempertimbangkan seberapa lama
kontrak kerjasamanya.
Tetapi sebenarnya ada dasar cara membuat
perhitungan franchisee fee tersebut, adalah sebagai berikut :
Profit rata rata usaha anda yang sudah
berjalan adalah : 3 juta perbulan
Nilai besaran modal perlengkapan usaha
anda adalah 10 juta
cara perhitungan besaran franchisee fee
adalah :
Profit 3 juta perbulan berarti akan
muncul BEP atau balik modal selama kurang lebih 3 – 4 bulan.
Dalam perhitungan bisnis normal bahwa
BEP adalah 36 bulan.
Nah, berdasarkan nilai inilah untuk
menentukannya, Jadi
36 bulan dikalikan profit 3 juta
ketemunya diatasa 100 juta…
Kalau anda menerapkan ini berarti nilai
paket investasi anda sebesar 110 juta ke mitra.. pertanyaannya siapa yang mau
bergabung dengan usaha waralaba anda.
Kalau Indomaret, alafmart dan gerai
gerai waralaba yang besar biasanya menggunakan cara ini untuk menentukan
besaran franchisee fee..
Dibawah ini akan jadi patokan menentukan
nilai franchisee fee sesuai dengan bentuk dan besaran paket investasi dan
tingkat kesulitan sistem franchisenya sesuai pengamatan saya terhadap waralaba
yang berkembang dengan pesat :
Modal Waralaba
|
Tingkat Konversi perkalian terhadap
profit perbulan
|
< 5 juta
|
1 -2 bulan
|
5 – 10 Juta
|
2 – 4 bulan
|
11 – 30 Juta
|
4 – 5 bulan
|
31 – 60 juta
|
5 – 8 bulan
|
61 – 100 Juta
|
8 – 15 bulan
|
>100 Juta
|
15 – 36 bulan
|
Buatlah
Analisa Usaha Bisnis waralaba anda
Setelah anda bisa mengetahui nilai
besaran paket perlengkapan dan nilai kontrak kerjasama, maka anda dengan mudah
membuat analisa biaya. Buatlah analisa sesuai dengan data otentik anda.
Sehingga bisnis anda bisa di logika menghasilkan sesuai, bukan sebuah iming
iming. Anda pastinya mempunyai data penjualan setiap hari, pakai itu untuk
membuat analisa usaha.
MENYUSUN
SOP
Membuat
SOP
Adalah dokumen tertulis yang menjelaskan
pola alur kerja dalam bentuk skema, struktur, standar tahapan, dan detail
operasional yang di waralabakan
- Yang berfungsi sebagai sarana untuk menduplikasikan usaha dana sebagai sarana kontrol dan kendali opersioanal usaha.
- SOP akan menjadi bahan rujukan jika di kemudian hari terjadi perselisihan antara pewaralaba dan terwaralaba.
- Merupakan dokumen berharga, sehingga keberadaan merupakan kekayaan intelektual pemberi waralaba
- Frachisor atau pewaralaba harus membatasi akses pihak ketiga yang tidak berkepentingan secara langsung terhadap dukomen SOP.
Cara membuat SOP (Standart Operasional
Procedure)
Dalam membangun sebuah usaha waralaba,
maka SOP adalah cara copi paste sistem dari pewaralaba ke penerima waralaba.
Ada 3 bagian yang harus di pahami :
- Operasional : merupakan kegiatan apa saja yang dilakukan dalam usaha anda
- Prosedur : Bagaimana prosedur setipa bagian operasional di atas
- Standart : Seberapa standart ukuran atau takaran
SOP intinya adalah menulis apa yang kita
lakukan dan menuangkan tulisan tersebut dalam sebuah buku manual
SOP
dalam sebuah usaha waralaba
Minimal yang harus di buat antara lain :
- SOP Produksi
- SOP Pelayanan
- SOP Distribusi
- SOP Administrasi
- SOP SDM/HRD
- SOP Pemasaran
- SOP Suport System.
Tentunya tidak hanya hal diatas yang
harus di buat dalam sebuah bisnis waralaba, Anda harus mengetahui SOP mana yang
tidak perlu di berikan kepada penerima waralaba, dan SOP yang penting bagi
waralaba. Kondisi ini optional tergantung bagaimana sistem teknik pengemasan
bentuk waralaba anda sampai di terima oleh penerima waralaba.
MENYUSUN
PERJANJIAN WARALABA
Merujuk
pada ketentuan perundang undangan di Indonesia, yang menyatakan bahwa waralaba
adalah harus dilaksanakan berdasarkan suatu perjanjian tertulis, maka kedudukan
kontrak waralaba dalam suatu transaksi waralaba adalah krusial dan fundamental.
Poin Poin penting dalam sebuah
perjanjian usaha waralaba :
- Nama dan alamat para pihak, baik pihak franchisor dan pihak franchisee
- Jenis Hak kekayaan intelektual yang berupa Nama usaha dan Logo yang sudah di patenkan
- Hak dan kewajiban oleh para pihak
- Bantuan, fasilitas, Bimbingan operasional, pelatihan dan pemasaran yang di berikan oleh pemberi waralaba
- Area teritorial penerima waralaba
- Jangka waktu perjanjian
- Pemilikan, Perubahan pemilikan dan hak ahli waris penerima waralaba
- Penyelesain sengketa
- Tata cara perpanjangan, pengakiran, dan pemutusan perjanjian
- dan lain lain sekiranya penting yang harus di tuangkan ke dalam surat perjanjian waralaba
Untuk memperkuat perjanjian,
sebaiknya tambahkan materai atau jika ingin lebih profesioanal bisa memakai
notaris.
SAATNYA
MEREKRUT MITRA WARALABA
“Langkah Pertama, anda hanya perlu
menyiapkan bentuk fisik dari semua atribut waralaba anda”
Dalam merekrut mitra waralaba anda,
gunakan media promosi, seperti :
- Melalui sebuah nilai keunikan dan kesuksesan
- Melalui sahabat, saudara, dan tentunya keluarga
- Melalui website dan jejaring sosial
- Melalui seminar seminar
- Pameran pameran waralaba
- Melalui majalah atau tabloid waralaba
Cara membangun waralaba dengan benar, siapkan dari
awal untuk mempermudah anda dalam mengembangkan usaha waralaba
anda. Selamat, karena kini anda sudah mengetahui Rahasia membuat waralaba.
-
See more at:
http://www.centerwaralaba.com/cara-membangun-waralaba/#sthash.pLytywNt.dpuf
No comments:
Post a Comment