Saturday, November 30, 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah        :   SMK Negeri 23 Jakarta
Mata Pelajaran    :   Produktif Pemasaran
Kelas/Semester    :   X / I
Alokasi Waktu        :   3 x 45 Menit
Pertemuan        :   1 s/d 10

STANDAR KOMPETENSI
“ Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan “

KOMPETENSI DASAR
“ Mengoperasikan Mesin Pembayaran Secara Tunai ( Mesin Cash Register ) “

INDIKATOR PEMBELAJARAN
Pengertian mesin pembayaran secara tunai dijelaskan dengan benar
Manfaat mesin pembayaran secara tunai diketahui dengan jelas
Klasifikasi mesin pembayaran secara tunai diidentifikasi dengan benar
Bagian-bagian mesin pembayaran secara tunai diidentifikasi dengan benar
Hal-hal yang harus diperhatikan baik sebelum dan sesudah mengoperasikan mesin pembayaran secara tunai dipahami dengan benar
Ciri-ciri mesin pembayaran secara tunai dipahami dengan baik
Mesin pembayaran tunai dioperasikan dengan benar
Mesin pembayaran tunai dipelihara dengan baik

TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai pembelajaran diharapkan guru dapat :
Menjelaskan pengertian mesin pembayaran secara tunai dengan benar
Mengetahui manfaat mesin pembayaran secara tunai dengan jelas
Mengidentifikasi klasifikasi mesin pembayaran secara tunai dengan benar
Mengidentifikasi bagian-bagian mesin pembayaran secara tunai dengan benar
Memahami  hal-hal yang harus diperhatikan baik sebelum dan sesudah mengoperasikan mesin pembayaran secara tunai dengan benar
Memahami ciri-ciri mesin pembayaran secara tunai dengan baik
Mengoperasikan mesin pembayaran secara tuani dengan benar
Memelihara mesin pembayaran tunai dengan baik

MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian mesin pembayaran secara tunai
Manfaat mesin pemabayaran tunai
Klasifikasi mesin pembayaran secara tunai
Bagian-bagian mesin pembayaran secara tunai

Hal-hal yang harus diperhatikan kasir sebelum dan sesudah mengoperasikan mesin
Ciri-ciri mesin pembayaran secara tunai
Mengoperasikan mesin pembayaran secara tunai
Perawatan mesin pembayaran secara tunai

METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Praktek

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan   1.
    Kegiatan pendahuluan :
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Menjelaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan inti  :
Menjelaskan tentang mesin pembayaran secara tunai (Mesin Cash Register )
§    pengertian mesin cash register
§    Macam-macam cash register.
Kegiatan penutup :
Menanyakan kembali  beberapa hal yang sudah dijelaskan pada kegiatan inti.
Memberi tugas  membaca dirumah  materi untuk pertemuan ke 2.
       
 Pertemuan 2
             Kegiatan pendahuluan :
Pree test
             Kegiatan inti :
Menjelaskan manfaat mesin cash register
Menjelaskan macam-macam kunci mesin cash register dan manfaatnya
Kegiatan penutup :
Menanyakan kembali beberapa hal yang sudah dijelaskan pada kegiatan inti
Memberi tugas membaca dirumah materi untuk pertemuan ke 3
         Pertemuan   3.
               Kegiatan pendahuluan :
Pree test.
               Kegiatan inti :
Menjelaskan klasifikasi mesin cash register
               Kegiatan penutup:
Merangkum kegiatan inti.
Menanyakan kepada guru hal-hal yang belum dimengerti  dan member i kesempatan guru lain untuk menjawab.






         Pertemuan  4 dan 5
    Kegiatan pendahuluan :
Pre test
Menyiapkan mesin cash register

               Kegiatan inti  :
Menjelaskan bagian-bagian mesin cash register dan manfaatnya
Satu persatu guru ke depan untuk mengidentifikasi bagian-bagian mesin cash register
               Kegiatan penutup :
Menyimpulkan kegiatan inti
          Pertemuan  6
    Kegiatan  pendahuluan :
Pre test
Kegiatan inti :
Menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang kasir sebelum dan sesudah mengoperasikan mesin cash register
Kegiatan penutup :
Memberi kesempatan kepada guru untuk bertanya
       Pertemuan   7
    Kegiatan pendahuluan :
Pree test.
Kegiatan inti   :
Menjelaskan ciri-ciri mesin cash register
Menjelaskan cara nerawat mesin cash register
Kegiatan penutup :
Memberi kesempatan kepada guru untuk bertanya
        Pertemuan   8,9,10
    Kegiatan pendahuluan :
Pree test.
Menyiapkan mesin cash register
Kegiatan inti   :
Menjelaskan cara mengoperasikan mesin cash register dengan berbagai macam bentuk transaksi penjualan/pembelian
Setiap guru mendemonstrasikan cara mengoperasikan mesin cash register
Kegiatan penutup :
Test  / ulangan

ALAT/SUMBER  BELAJAR
Alat belajar        :   Mesin Cash Register
Bahan            :   Kertas struk
Sumber Belajar        :   Modul dan buku mesin-mesin bisnis

PENILAIAN
Teori
Berdasarkan klasifikasinya, mesin pembayaran tunai terbagi atas berapa, sebutkan ?
Sebutkan manfaat mesin pembayaran ?
Sebutkan ciri-ciri mesin pembayaran secara tunai ?

Jelaskan letak perbedaan sistem departemen dengan PLU ?
Bagaimanakah cara mengoperasikan mesin cash register apabila terjadi transaksi seperti dibawah ini ?
Pembelian 1kg gula pasir @ Rp. 4.200,-
Pembelian Rinso 1kg, 2 buah @ Rp. 17.500,-
Pembelian Pepsodent 200ml, 3 botol @ Rp. 2.750,-
Pembelian Softener 200ml, 5 botol @ Rp. 7.850,-
Pembelian sabun mandi lux botol, 2 botol @ Rp. 8.150,-
Pembelian Shampo Clear 1000ml, 2kg @ Rp. 9.725,-
Pembelian barang tersebut diberikan discount 10% dan uang yang dibayarkan Rp. 100.000,-, berapa besar pengembalian uang ?

   Kunci Jawaban :
Klasifikasi mesin pembayaran tunai ada 3 yaaitu : berdasarkan sistem operasi, jumlah kasir dan departemen
Manfaat mesin pembayaran secara tunai adalah :
Mudah memperoleh keterangan tentang hasil penjualan setiap saat, harian,  mingguan, serta menurut keperluan.
Mudah mengetahui jumlah dan jenis alat pembayaran yang diterima
Mudah mengetahui jumlah potongan yang diberikan kepada pembeli
Mudah mengetahui jenis barang yang paling laku terjual
Ciri-ciri mesin pembayaran secara tunai, yaitu :
Mempunyai departemen mulai dari 1 sampai dengan 30 yang dapat dikembangkan samapai dengan 200 departemen
Dapat mempergunakan 1 sampai dengan 8 kasir dengan pencatatan yang saling terpisah
Layar/display menampilkan angka dan lampu pesan dengan cahaya yang berwarna hijau.
Untuk type tertentu dapat diprogram menampilkan nama barang, berupa tulisan pada layar/ display
Letak perbedaan sistem departemen dengan PLU adalah : kalau sistem departemen merupakan pengelompokkan barang/produk, contoh minuman, sedangkan PLU merupakan item setiap barang/produk contoh : fanta, spritr, aqua dll.
Jawaban di lab penjualan karena sifatnya praktek

Kriteria penilaian  :

Bobot soal teori :
    No 1  = 25
    No 2  = 30
    No 3  = 25
    No 4  = 20
Jumlah            = 100  = 60 %

Bobot soal praktek   =  40 %

Jadi misalnya no 1 mendapat 20,  no 2 mendapat 25, no 3 mendapat 25 ,  no 4 mendapat 20  dan praktek  80 , MAKA NILAINYA adalah   { ( 20 +25 + 25 + 20 )  X 60 % }   +  ( 80 X 40 % )  =
               54  +  32   = 86.

JOB SHEET PRAKTEK OPERASIONAL CASH REGISTER


NO          KOMPETEN    BELUM KOMPETEN      
          7.00 --- 10.00    - 7.00      
1
2
3
4
5
6
7               



                                    Jakarta,        Mei 2010
Mengetahui :                                Guru Bidang Study,
Kepala SMK Negeri 23 Jakarta,



KASTOLANI, M.Pd                            ROSNIDA, S.Pd
NIP.                                     NIP. 470 069 639









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
   IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah        :   SMK Negeri 23 Jakarta
Mata Pelajaran    :   Produktif Pemasaran
Kelas/Semester    :   X / II
Alokasi Waktu        :   3 x 45 Menit
Pertemuan        :   1 s/d 10

   STANDAR KOMPETENSI
“ Menata Produk “

    KOMPETENSI DASAR
“ Mengintreprestasikan Perencanaan  Visual Penataan Produk “

    INDIKATOR PEMBELAJARAN
Display produk dijelaskan dengan benar
UU no 8 tahun 1999 pasal 7 tentang perlindungankonsume didiskusikan  dengan baik.
Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia (APLI) dijelaskan dengan benar.
Jenis-jenis barang disebutkan dengan benar
Barang diklasifikasikan dengan benar
Penataan produk sesuai dengan SOP  penataan produk dari  suatu perusahaan     didemonstrasikan
 Interpretasi visual penataan produk diidentifikasi
Visual penataan produk dipertanggung jawabkan

    TUJUAN PEMBELAJARAN
 Setelah selesai pembelajaran diharapkan guru dapat :
Menjelaskan tentang display produk di pasar swalayan
Mendiskusikan UU no 8 pasal 7  tentang perlindungan komsumen
Menjelaskan kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia  (APLI )
Menjelaskan jenis-jenis barang yang dijual di swalayan.
Mengklasifikasikan  barang yang dijual di swalayan.
Mendemonstrasikan penataan produk sesuai dengan SOP penataan produk dari suatu perusahaan.
Mengidentifikasikan interpretasi visual penataan produk di pasar swalayan.
Mempertanggung jawabkan visual penataan produk di pasar swalayan





MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian display
Tujuan display
Macam –macam display
Hal-hal penting dalam display
UU no 8 tahun 1999 pasal 7 tentang perlindungan konsumen
Kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia ( APLI )
Jenis barang
Spesifikasi barang
SOP (Standar OperatingProsedur) penataan produk dari suatu  perusahaan
Menginterprestasikan visual penataan produk.

METODE PEMBELAJARAN
Ceramah
Tanya Jawab
Praktek

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan   1.
    Kegiatan pendahuluan :
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Menjelaskan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
Kegiatan inti  :
Menjelaskan tentang display produk.
§    pengertian display
§    tujuan display.
§    Macam-macam display
§    Hal-hal penting dalam display.
Kegiatan penutup :
Menanyakan kembali  beberapa hal yang sudah dijelaskan pada kegiatan inti.
Memberi tugas  membaca dirumah  materi untuk pertemuan ke 2.
       
 Pertemuan 2
             Kegiatan pendahuluan :
Pree test
Membagi kelompok diskusi dengan perkelompok 5 orang.
             Kegiatan inti :
Mendiskusikan   UU  no 8  tahun  1999 pasal 7  tentang perlindungan konsumen.
Membahas hasil diskusi siswa.
Kegiatan penutup :
Merangkum hasil diskusi.
Memberi kesempatan siswa untuk bertanya kembali hal – hal yang kurang jelas tentang materi  diskusi .



         Pertemuan   3.
               Kegiatan pendahuluan :
Pree test.
               Kegiatan inti :
Menjelaskan kode etik asosiasi penjualan langsung Indonesia ( APLI ).
               Kegiatan penutup:
Merangkum kegiatan inti.
Menanyakan kepada siswa hal-hal yang belum dimengerti  dan member I kesempatan siswa lain untuk menjawab.

         Pertemuan  4 ,5,6
    Kegiatan pendahuluan :
Membaca materi yang akan dibahas  pada pertemuan ini.
Menyiapkan barang –barang contoh.
Membuat kelompok masing- masing kelompok 4 orang
               Kegiatan inti  :
Menyebutkan jenis-jenis barang yang   di jual di swalayan
Masing  - masing kelompok  diberikan satu keranjang barang untuk dapat diklasifikasikan
               Kegiatan penutup :
Membuat laporan  tentang spesifikasi barang.
Mengecek kebenaran tentang klasifikasi barang.
Membuat kelompok , per kelompok 5 orang  dan lakukan observasi tentang penataan produk  dan buat laporan dan kumpulkan.

          Pertemuan  7,8,9
    Kegiatan  pendahuluan :
Mengumpulkan laporan observasi .
Menyiapkan barang yang  akan ditata.
Memeriksa dokumen barang yang akan ditata.
Menyiapkan alat yang akan digunakan menata barang.
Kegiatan inti :
Mendemonstrasikan  penataan produk sesuai dengan SOP penataan produk dari suatu perusahaan
Kegiatan penutup :
Memeriksa kebenaran penataan produk.

       Pertemuan   10
    Kegiatan pendahuluan :
Pree test.
Kegiatan inti   :
Mengidentifikasikan interpretasi visual penataan produk
Mempertanggung jawabkan visual penataan produk.
Kegiatan penutup :
Test  / ulangan





ALAT/SUMBER  BELAJAR
         1. ALAT            :  - Rak / gondola
                                                             - lemari etalase
                                - keranjang
                                - mesin labeling
                     - lab penjualan
BAHAN            : -  produk
SUMBER BELAJAR    :  - Modul  menata produk
 pasar swalayan


PENILAIAN
UNTUK SOAL NOMER 1 S/D 4  JAWABLAH PERTANYAAN DIBAWAH  INI DENGAN TEPAT DAN BENAR !

Kamu tahu tentang display, ada beberapa tujuan dari display sebutkan .
( terbuka ------ taks skills )
Pada suatu saat pembeli membeli barang ,pada barang tersebut tertulis tahan pecah,ternyata setelah barang tersebut digunakan barang itu memang betul-betul tahan pecah tetapi oleh konsumen sengaja dipecah dan melaporkan barang itu kepada penjual bahwa barangnya tidak tahan pecah .
Atas peristiwa tersebut diatas maka penjual berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum karena tindakan konsumen yang beritikat tidak baik.
Pernyataan tersebut menurut anda  :
Betul
Salah.
 Pilih salah satu jawaban yang benar !
( tertutup ------ contingency management skill )
Dalam melaksanakan penataan produk di supermarket perlu diperhatikan urutan-urutan pedoman penataan produk.
Apa saja urutan-urutan tersebut dan bagaimana jika terjadi selama melaksanakan kegiatan tersebut ternyata ada barang yang kadaluarsa.
              ( menggali ------ taks management skill ).
Apakah perbedaan antara POP dengan PLU.
( terbuka ------ taks skill )
Carialah barang bekas seperti botol kosmetik , minyak rambut , sampo , kardus pasta gigi  dan sebagainya minimal 10 macam produk masing-masing 5 buah.
Lakukan unjuk kerja penataan produk sesuai prosedur perusahaan  dan ditata pada satu rak / gondola.
( menggali  )









KUNCI JAWABAN :

 a. Attention dan interest customer  , yaitu untuk menarik perhatian para pembeli dilakukan   dengan cara menggunakan warna-warna , lampu dan sebagainya.
             b.  Desire dan action customer , yaitu untuk menimbulkan keinginan memiliki barang-barang yang dipamerkan di toko tersebut, setelah masuk ke toko, kemudian melakukan pembelian.
      
      2.   Betul .
      3. a. Barang yang sangat dibutuhkan oleh konsumen  .
          b.Barang yang sama dan effisien penggunaannya.
          c. Barang yang sedang tren.
          d. Barang yang berkwalitas baik.
          e. Barang yang berprestasi.
          Barang kadaluarsa perlu dipisahkan dan tidak perlu ditata pada gondola .

     4.  POP adalah keterangan mengenai nama  produk harga ataupun sarana bantu promosi penjualan.
          PLU adalah nomor identitas barang yang berfungsi untuk pencatatan komputerisasi .

     5. Jawaban di lab penjualan karena praktek


Kriteria penilaian  :

Bobot soal teori :
    No 1  = 25
    No 2  = 30
    No 3  = 25
    No 4  = 20
Jumlah            = 100  = 60 %

Bobot soal praktek   =  40 %

Jadi misalnya no 1 mendapat 20,  no 2 mendapat 25, no 3 mendapat 25 ,  no 4 mendapat 20  dan praktek  80 , MAKA NILAINYA adalah   { ( 20 +25 + 25 + 20 )  X 60 % }   +  ( 80 X 40 % )  =
               54  +  32   = 86.













JOB SHEET DEMONSTRASI PENATAAN PRODUK


NO          KOMPETEN    BELUM KOMPETEN      
          7.00 --- 10.00    - 7.00      
1
2
3
4
5
6
7    Kebersihan rak
Ukuran besar kecl
Tinggi rendah barang
Facing produk
Tinggi tiap jalur
Eye tehnik
Colour breaking           



JOB SHEET  OBSERVASI DI PASAR SWALAYAN

NAMA PASAR SWALAYAN    ;
ALAMAT            :
TANGGAL OBSERVASI        :
NAMA OBSERVATOR        :       



NO    SPESIFIKASI BARANG    KETERANGAN      
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10    Jenis produk
Nama produk
Ukuran
Warna
Kwalitas
Kemasan
Sifat

Jenis Rak
Penempatan barang
Tiap tier ada barapa  jumlahnya barang       


                                    Jakarta,        Mei 2010
Mengetahui :                                Guru Bidang Study,
Kepala SMK Negeri 23 Jakarta,



KASTOLANI, M.Pd                            ROSNIDA, S.Pd
NIP.                                     NIP. 470 069 639





No comments:

Post a Comment